7 Manfaat Gula Dalam Tubuh

Siapa yang tidak suka gula? Rasa manis menambah kenikmatan berbagai makanan atau minuman. Rata-rata orang mengkonsumsi gula setiap hari dalam bentuk gula, gula merah, gula merah, gula tebu dan sebagainya.

Karbohidrat sederhana ini terbuat dari ekstrak tumbuhan seperti gula tebu, jus, aren, dan kelapa. Selain rasanya enak, hasil gula bisa menyelamatkan banyak manfaat tak terduga bagi tubuh.

7 manfaat gula untuk tubuh.

 1. Meredakan nyeri haid
Ternyata kandungan gula bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit dan kram menstruasi yang sering membuat wanita tidak nyaman. Gula juga dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi rasa sakit saat menstruasi.
Cobalah secangkir teh mint panas beraroma dengan sedikit tambahan gula yang tidak mengandung lemak dan kolesterol.

 2. Menghaluskan kulit wajah dan bibir
Apakah scrub wajah berakhir? Cobalah membuat scrub sendiri menggunakan gula dan madu murni. Gosokkan pada permukaan wajah dan bibir, lalu pijat dengan lembut dengan gerakan memutar. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dan keringkan. Gula dapat mengangkat sel kulit mati sehingga kulit lebih halus dan lembut.

 3. Cepat tingkatkan energi
Gula yang masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi glukosa yang menghasilkan energi dengan cepat. Karena itu, gula dikonsumsi baik ketika tubuh lemah dan lelah, misalnya setelah latihan, ketika saya bangun, ketika mengalami dehidrasi, dan sebagainya.

 4. Meredakan stres
Tidak heran ketika kita dikejutkan oleh stres, coklat dan es krim telah menjadi obat yang efektif. Ternyata gula mengandung hormon dopamin yang bisa menimbulkan perasaan bahagia dan menghilangkan stres.

 5. Meningkatkan tekanan darah
Ketika seseorang menderita tekanan darah rendah, kepalanya sering terasa ringan dan pusing, bahkan tubuhnya bisa sangat lemah, berayun dan jatuh pingsan. Ini karena kurangnya aliran darah dan oksigen yang teratur ke otak. Kondisi ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi gula yang bermanfaat sebagai sumber energi.

 6. Meningkatkan fungsi otak
Ketika sulit berkonsentrasi untuk melakukan sesuatu, itu pertanda bahwa tubuh Anda membutuhkan gula. Gula cepat akan meningkatkan fungsi otak sehingga bisa bekerja lebih baik.
Tetapi pastikan Anda tidak terlalu banyak mengonsumsi gula karena memiliki efek berbahaya pada kesehatan Anda, seperti obesitas dan diabetes. Untuk orang dewasa, dosis gula harian yang diizinkan adalah maksimum 50 gram atau sekitar lima sendok makan.

 7. Sembuhkan lukamu
Ternyata penyemprotan gula pada luka telah dilakukan sejak 1700 SM oleh dokter di Mesir. Gula mengandung antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme dan mengurangi pembengkakan. Selain gula mampu menstimulasi jaringan kulit untuk beregenerasi.

Namun, pastikan bahwa pendarahan luka telah berhenti lebih dari 24 jam jika Anda ingin menggunakan “terapi gula”. Atau lebih aman, konsultasikan dengan dokter sebelum mencobanya.

 

Baca Juga :