7 Website yang Pernah Penomenal dan Melegenda

7 Website yang Pernah Penomenal dan Melegenda

 

 7 Website yang Pernah Penomenal dan Melegenda

7 Website yang Pernah Penomenal dan Melegenda

Kalau sekarang ngomongin Internet kayaknya bakalan susah kalau gak nyinggung-nyinggung Facebook. Lah mau gimana lagi socmed bikinan mas Mark ini udah digunakan lebih dari 900juta user dari seluruh dunia. Dan menurut AllThingD saat ini lebih dari 2,4 milliar jumlah pengguna Internet keseluruhan, jadi hampir separuh dari semua pengguna Internet adalah pengguna Facebook.

Sebenernya kalau kita mau nengok belakang bentar, facebook ini bukan satu-satunya fenomena lho.. Setidaknya ada 7 website lain menurut mashable yang pernah jadi “facebook” sebelum ini. Dan anehnya karena satu dan lain hal sekarang malah gak begitu mentereng namanya. Apa aja itu, yuk simak…
1. AOL

AOL

Di medio 90an AOL lah penguasanya. Dengan produk andalan semacam AOL Instant Messenger (AIM), Web browses Netscape, media player Winamp AOL menjadi rajanya saat itu.

Banyak yang bilang AOL membuat blunder dengan merjer dengan Time warner pada 2001 Salah satu media yang justru malah menenggelamkannya. Media 2000an AOL sempat turun kandang lagi dengan membeli Bebo seharga $850 juta, tapi ternyata gagal. Saat ini AOL dikenal jadi media dan advertising miliknya The Huffington Post.
2. GeoCities

geosities

Geocities awalnya dikenal sebagai perusahaan Web hosting service. Kalau gak salah dulu dikasih 10MB hosting yang bisa buat situs berbasis HTML.

Kemudian Dibeli yahoo seharga $3 Milliar. Mungkin karena kemudian mulain muncul banyak kompetitor akhirnya GeoCities ini dinyatakan tidak menguntungkan dan akhirnya ditutup pada tahun 2009nan.
3. SixDegrees

sixdegrees

Sixdegrees dikenal sebagai salah satu pioneer SocialNetworking service. Tutup pada tahun 2001.
4. Friendster

fs

Friendster pernah jadi online social networking nomer satu pada jamannya. Prestasinya Dalam beberapa bulan aja

udah mampu menarik sebanyak 3 juta pengguna. Angka yang besar kalau dibandingin pengguna internet saat itu.

Setelah pamornya turun drastis seiring munculnya facebook juga Friendster mengalami banyak reinkarnasi. Ini dia selengkapnya…
5. My Space

my space

Myspace mulai dikenal pada 2003an, pada 2006 Myspace dibeli newsCorp seharga $580 juta dan memperoleh 100juta pengguna. Puncaknya pada 2007 My space menjadi perusahaan social networking paling berharga yang taksirannya mencapai $12 Milliar.

Mulai turun 2008 saat kemunculan facebook kini myspace udah dipunyai sama justin timberlake. Yang kemudian memperkenalkan MySpace TV yang memperoleh satu juta pengikut baru pada februari 2012.
6. SecondLife

second life

Secondlife adalah Online virtual world yang dikembangkan oleh Linden Lab pada tahun 2003. Disini pengguna bisa

berinteraksi dengan orang lain, jual beli virtual property, ganti avatar, bekerja dan lain-lain intinya seperti berada di dunia paralel yang virtual gitu lah.

Pada 2011 tercatat satu juta pengguna aktif menggunakan ini. Secondlife agak beruntung karena sampai saat ini masih bisa diakses.
7. Orkut

orkut

Orkut adalah social networking service dibikin google pada 2004. Menjadi service paling populer di India, Estonia

dan Brasil ampai 2010. Sebelum pengguna di India dan Estonia mulai pindah di Facebook.

Di Brasil Orkut masih cukup populer, saat ini tercatat pengguna Orkut mencapai 66 juta.

[Sumber: Mashable.com]

Sumber:

https://koruptorindonesia.co.id/2020/04/17/twilight-struggle-apk/