MIUI 13, Banyak Pembaharuan Ketimbang Versi Sebelumnya!

Afmar.co.id – MIUI 13 merupakan launcher MIUI paling baru dan versi ini memang versi yang paling mutakhir ketimbang pada versi sebelumnya. MIUI merupakan launcher bawaan dari Xiaomi dan ini mengacu pada semua jenis Xiaomi. Bahkan sekarang ini sudah mengalami banyak peningkatan yang sigfikan, selain itu ada berbagai fitur baru yang juga bisa mengamankan semua properti fitur yang ada di dalam ponsel Anda.

Xiaomi sendiri merupakan developer ponsel Android dari Cina yang memang mempunyai banyak tipe perangkat yang diedarkan. Bahkan setiap beberapa waktu sekali, Xiaomi ini mengalami percepatan dalam peningkatan versinya, sehingga lebih kekinian dan model Xiaomi berbagai tipe yang sudah dikeluarkan memang sangat terjangkau dalam segi harga dan sangat berkualitas. Apalagi memang semua tipe Xiaomi sendiri mengusung konsep yang berbeda dan bagus. Pembaharuan ada yang meliputi sistem yang digunakan, sampai pada akhirnya pada desain perangkat yang elegan, minimalis dan modern. Bahkan dari segi desain yang paling elegan dan mengikuti di era sekarang ini juga termasuk Xiaomi di dalamnya.

Dengan harga yang sangat terjangkau dan mudah didapatkan, Xiaomi sendiri banyak mempunyai fitur yang sangat membantu. Desain perangkat yang elegan juga sangat cocok untuk semua umur dan semua kebutuhan akan menggunakan ponsel Android.

MIUI memang launcher yang berbeda dan mempunyai desain yang unik daripada launcher bawaan ponsel lainnya. Sehingga desain perangkat dan tampilan dari dalam layar ponsel bisa sangat cocok dan mudah dalam penggunaan.

Pengalaman menggunakan ponsel yang lebih simple tentu Anda bisa menggunakan MIUI Xiaomi. Setiap versi Xiaomi tentu menggunakan launcher ini. Sehingga pada setiap versinya, MIUI sendiri juga di update oleh pihak developer.

Namun seperti dengan launcher yang lain, MIUI sebagai launcher bawaan Xiaomi sendiri juga tak luput dari berbagai jenis bug yang melanda. Bahkan setiap beberapa waktu sekali memang akan ada pemberitahuan untuk melakukan update pada ponsel Xiaomi ini.

Apa itu MIUI 13?

MIUI 13

MIUI 13 merupakan versi terbaru dari launcher Xiaomi. Ketimbang dari versi sebelumnya, memang ada perbaikan yang sangat signifikan dan memang ada berbagai fitur baru yang kemudian sangat di unggulkan pada versi kali ini.

Jika Anda ingin mencoba MIUI 13 di ponsel Xiaomi Anda, pastikan untuk spesifikasi dan versi dari ponsel Anda bisa memungkinkan. Mengingat membutuhkan memori yang lebih dan ini akan tertanam di memori internal ponsel Anda.

Fitur MIUI 13

Ada berbagai macam fitur menarik yang diusung dalam versi MIUI 13 kali ini. Yang sangat signifikan bisa Anda rasakan pada fitur kali ini adalah sebagai berikut.

1. Banyak Tema

MIUI mempunyai banyak tema dan banyak dukungan untuk tema yang menarik. Bahkan Anda bebas memilih berbagai tema buatan para developer tema MIUI. Cukup mudah untuk melakukan penggantian pada tema MIUI. Mulai dari menggunakan aplikasi Tema atau mengganti di bagian pengaturan tampilan.

Anda bisa menyesuaikan dan memilih tema yang Anda inginkan. Selain itu editor tema juga bisa Anda manfaatkan. Mulai dari penggantian ikon, font atau wallpaper dan beberapa pengaturan widget di dalam home screen ponsel Anda.

2. Fitur Animasi dan Slider

Animasi dan slider yang ada di bagian home screen memang bisa Anda sesuaikan. Misalnya degan slider ke bawah, ke atas, ke samping dan beberapa bilah tugas yang bisa membantu Anda pada saat ingin menjalankan multitasking di Xiaomi Anda.

3. Tata Ruang Lebih Menarik

Tata ruang home screen dan tampilan untuk ruang beranda maupun navigasi dan bilah pemberitahuan memang lebih menarik dari versi sebelumnya. Bahkan dengan langkah sederhana saja bisa Anda sesuaikan dengan mudah.

Mulai dari bilah samping di bagian home screen, bilah pemberitahuan dan beberapa bilah lain juga sangat mudah untuk Anda sesuaikan sendiri.

4. Simple dan Mudah Digunakan

MIUI 13 ini sangat simple dan mudah bagi pengguna. Mulai dari tampilan layar home screen, tampilan bagian samping dan menampilkan opsi pada aplikasi. Anda bisa membuat folder dan mengelompokkan semua aplikasi maupun game sesuai dengan genre dan fungsinya.

Secara sederhana memang MIUI 13 tidak menggunakan berbagai aplikasi penambahan pada home screen yang tidak berguna dan bahkan tidak ada penambahan aplikasi maupun iklan di dalam sistemya. Selain itu juga sudah mendukung perekaman layar dan pengambilan tangkapan layar yang bagus. Pada fungsi bagian pengambilan video layar sudah mendukung dengan pengambilan perekaman menggunakan suara sistem yang ada di dalam ponsel.

5. Navigasi yang Bisa Anda Sesuaikan

Semua navigasi yang dan bilah pemberitahuan memang sudah bisa Anda atur sedemikian rupa. Bahkan tidak akan mengganggu Anda ketika sedang menggunakan multitasking. Selain itu berbagai dukungan pada bilah layar utama bisa mempermudah Anda dalam menggunakan fitur lain. Anda bisa juga menyalakan bola pintas guna menjalankan berbagai fitur MIUI.

Cara Update MIUI 13 di Semua Ponsel Xiaomi

Jika Anda mempunyai ponsel Xiaomi dan masih menggunakan MIUI versi lama, Anda langsung bisa menggunakan update dari MIUI 13 ini di ponsel Anda. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan update MIUI 13 di ponsel Anda.

  1. Pada ponsel Xiaomi Anda masuk ke dalam pengaturan dan masuk ke dalam tentang ponsel.
  2. Masuk ke dalam versi MIUI.
  3. Sekarang periksa update dan update sistem, jika ada pemberitahuan langsung update saja. Ini memang akan memakan waktu yang cukup agak lama dan sinyal internet Anda juga sangat perlu disesuaikan. Usahakan sinyal internet Anda cukup bagus ketika melakukan update.
  4. Kemudian biarkan ponsel melakukan restart setelah selesai mengunduh semua file update. Ini akan memakan waktu 5 sampai 10 menit ketika sedang update, untuk itu jangan sampai perangkat Anda mati ketika melakukan update.

 

Rate this post
/* */