Ancaman Produk Subtitusi

Ancaman Produk Subtitusi

Pada dasarnya, persaingan yang harus didapi oleh sebuah perusahaan, bukanlah kepada perusahaan yang memiliki produk yang persis sama. Sering kali perusahaan harus berhadapan dengan perusahaan-perusahaan yang produknya merupakan subtitusi dari produk prusahaan pertama. Misalnya saja, untuk menbuat minyak goreng, bahan baku subtitusi selain dengan minyak sawit, sering digunakan minyak matahari. Selain minum susu yang berasal dari sapi, orang minum susu yang berasal dari kacang kedelai.

Ancaman Produk Subtitusi

Seperti juga kita lihat pada ancaman produk baru, ancaman produk subtitusi juga memiliki beberapa kondisi, misalnya:

  1. Skala ekonomis. Penjelasanya sama dengan penjelasan ancaman pendatang baru diatas.
  2. Akses ke saluran distribusi. Biasanya, produk yang sudah ada telah memiliki akses distribusi. Para penyalur begitu loyal dan kuat hubunganya dengan perusahaan yang sudah ada sehingga tidak begitu mudah untuk ditembus oleh produk yang menjadi subtitusi.

Daya Tawar-Menawar Pembeli

Pembeli yang memiliki daya tawar-menawar yang tinggi, dapat mengancam daya saing perusahaan. Pembeli ini biasyanya bias memaksa perusahaan untuk menurunkan harga untuk menuntut meningkatkan kualitas/jasa, dan lain. Pembeli/kelompok pembeli, biasanya Pembeli yang membeli dalam jumlah yang besar, alternatif pemasok yang banyak, biaya perubahan saat pindah pemasok kecil, dan lain-lain.

baca juga :