Aturan Otopet Meluncur 2020 usai Insiden GrabWheels

Aturan Otopet Meluncur 2020 usai Insiden GrabWheels

Aturan Otopet Meluncur 2020 usai Insiden GrabWheels

Aturan Otopet Meluncur 2020 usai Insiden GrabWheels

Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

akan mengeluarkan aturan alat mobilitas pribadi (AMP) yang mencakup sepeda, skuter listrik, skateboard, dan sejenisnya pada awal 2020.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub DKI Jakarta, Priyanto mengatakan draf aturan tersebut akan dituntaskan pada Desember 2019.

“Insya Allah Pergub tersebut akan diterapkan 2020. Akan diatur bagaimana dengan tata tertibnya, bagaimana berlalu lintas yang baik, dan tidak lupa terkait dengan keamanan,” ujar Priyanto di bilangan Senayan, Jakarta, Senin (18/11).

Priyanto mengatakan setelah draf beleid diselesaikan, Pemprov DKI

akan berkomunikasi dengan seluruh pemangku kebijakan termasuk dengan pihak berwenang dan industri.

“Jadi kita konsep dulu nanti kita rapatkan bersama-sama,” ujar Priyanto.

Lihat juga:GrabWheels ‘Ngotot’ Masuk Jakarta Meski Regulasi Belum Siap

Priyanto mengatakan aturan alat mobilitas pribadi akan berbentuk Peraturan Gubernur (Pergub). Pergub juga akan mengatur batas kecepatan alat mobilitas pribadi. Ia mengungkapkan Grab telah mengikuti aturan batas kecepatan.

“Pergub kami konsep rencananya maksimum 20 kilometer per jam

. Jadi kalau dari teman-teman Grab sudah mengantisipasi sampai 15 kilometer per jam. Alhamdulillah itu berarti tidak melebihi dari ketentuan yang akan diterapkan,” ujar Priyanto.

Grab di sisi lain bersama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan meningkatkan mutu 6 kilometer jalur untuk AMP di area Senayan dan Gelora Bung Karno mulai dari November 2019. AMP termasuk sepeda, skuter listrik, skateboards, roller skates dan alat mobilitas sejenisnya.

 

Sumber :

https://namabayi.co.id/