BANDARA SULTAN AJI MUHAMMAD SULAIMAN

BANDARA SULTAN AJI MUHAMMAD SULAIMAN

BANDARA SULTAN AJI MUHAMMAD SULAIMAN

Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman merupakan

sebuah pintu gerbang dari maupun menuju pulau Kalimantan dan Balikpapan. Bandara ini juga dikenal sebagai bandara Sepinggan karena letaknya yang berada di Sepinggan, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia.

Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman mulai dibuka pada 6 Agustus 1997 dan di operasikan serta dikelola oleh PT Angkasa Pura I. Luas dari bandara Internasional ini kurang lebih 300 ha dan terhitung sebagai bandar udara terbesar urutan ke 4 dari 13 bandara yang dikelola dan di operasikan oleh PT Angkasa Pura I.

Rencana perluasan dan pengembangan pada lahan yang ada di sekitar bandara terus dilakukan. Pengembangan tersebut meliputi mini market, restoran, dan hotel transit meeting room. Kini desain modern sangat berbeda dengan bandar udara Sultan Aj Muhammad Sulaiman (SAMS) beberapa tahun silam.

Desainnya yang sudah modern memiliki kesamaan dengan terminal 3 Ultimate Bandar Udara Internasional Sokarno – Hatta (Soetta), Tangerang, Banten. Persamaan tersebut dikarenakan perancang dari Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman sama dengan perancang T3 Bandara Soekarno – Hatta yaitu Benyamin Aris Nugroho.

Diresmikan pada 15 September tahun 2014 oleh presiden SBY, Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman sudah menampilkan kesan modern namun juga berbasis seni, Tren modern tersebutdipadukan dengan beberapa ornamen khas dari Kalimantan antara lain patung, ukiran hingga replika orangutan yang berada di tengah-tengah bandara.

Beberapa fasilitas juga memenuhi Bandara Sepinggan seperti toilet 3D serta airport Cinema yang pertama kali ada di Indonesia sebelum adanya T3 Bandara Soekarno Hatta pada 2016. Beberapa fasilitas lain yang turut ada di Bandara SAMS ialah layanan penumpang kebutuhan khusus meliputi calon penumpang yang lanjut usia, hamil, difabel, serta anak di bawah 12 tahun tanpa pendamping.

Fasilitas selanjutnya ialah pengamanan bagasi secara otomatis. Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman telah menerapkan BHS (Baggage Handling System). Sistem otomatis ini sejak bagasi diserahkan oleh calon penumpang hingga ke pesawat jadi tidak perlu membawa troli, barang akan diteruskan sesuai dengan penerbangannya.

Sistem kendali barang satu pintu juga turut memanjakan penumpang bandar udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman. Sistem ini akan mampu mengendalikan keseluruhan aktivitas bandara mulai dari atur jadwal bandara hingga open atau close gate.

Millenial yang gemar melakukan selfie tidak perlu takut ketinggalan momen, di bandar udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman ada fasilitas toilet 3D dengan tema alam berwarna hijau nya khas hutan hingga birunya langit yang sekaligus menggambarkan suasana alam khas Kalimantan. Ruang menyusui juga telah disediakan untuk memberikan kenyamanan bagi ibu menyusui dan bayi.


Sumber: https://www.thorhammer.co.id/dragon-ball-z-apk/