Cara Mengatasi Baterai Android yang Cepat Habis

Cara Mengatasi Baterai Android yang Cepat Habis

 

Cara Mengatasi Baterai Android yang Cepat Habis

Cara Mengatasi Baterai Android yang Cepat Habis

Baterai adalah salah satu komponen terpenting dari smartphone. Tanpa baterai, smartphone tidak akan dapat digunakan. Tidak bisa digunakan untuk selfie, bales WhatsApp pacar, update status, apalagi mengerjakan tugas. Kamu yang menggunakan smartphone androi mungkin sudah sering merasakan hal ini: baterai smartphone android cepat habis.

Jika ditelisik lebih dalam, sebenarnya ada banyak sekali alasan kenapa baterai smartphone android cepat habis.

Tapi, lebih baik kita membahas bagaimana cara agar baterai smartphone android kamu tidak cepat habis. Berikut ini adalah tips-tipsnya.

Gunakan mode hemat baterai

Cara pertama yang terbukti efektif untuk mengatasi baterai android yang cepat habis adalah dengan menggunakan mode hemat baterai. Rata-rata vendor telah melengkapi smartphone besutan mereka dengan fitur mode hemat baterai ini.

Bahkan Google sudah menambahkan fitur penghemat baterai di android versi terbaru. Harusnya smartphone kamu sudah memiliki fitur yang sangat berguna ini. Jangan lupa untuk mengaktifkannya ya.

Minimalkan pencahayaan

Tahukah kamu kalau salah satu komponen smartphone yang paling mengkonsumsi banyak baterai adalah layar? Terutama jika kamu memaksimalkan tingkat pencahayaan layar smarthphone. Siap-siap deh baterai kamu cepat terkuras habis. Apalagi layar selalu dalam keadaan menyala.

Jika memang kamu berada di ruangan yang tidak terlalu terang, ada baiknya kamu meminimalkan tingkat pencahayaan smartphone kamu. Pasti baterai smartphone kamu akan lebih awet, alias tahan lama.

Periksa aplikasi yang terpasang di smartphone

Ada beberapa jenis aplikasi yang cukup menyedot banyak baterai smartphone kamu. Biasanya aplikasi ini adalah aplikasi yang berjalan di latar belakang, menggunakan data internet, serta menggunakan fitur-fitur seperti GPS dan bluetooth.

Jika memang sedang tidak digunakan, ada baiknya kamu menonaktifkan aplikasi-aplikasi tersebut. Atau jika memang sudah tidak digunakan, kamu bisa menghapusnya. Jika suatu waktu kamu butuh aplikasi itu lagi, kamu bisa mendownload ulang di Google Play.

Gunakan aplikasi yang bisa menghemat baterai

Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menghemat baterai smartphone android kamu. Namun perlu

diingat bahwa, jangan sembarangan mendownload aplikasi penghemat baterai. Karena faktanya, banyak aplikasi jenis ini yang justru membuat baterai smartphone android kamu cepat habis.

Salah satu aplikasi yang saya rekomendasikan adalah Greenify. Ukurannya kecil, dan kinerjanya jelas—bisa digunakan untuk menghemat baterai. Mengenai Greenify, saya pernah membahasnya secara khusus di artikel ini.

Gunakan wallpaper gelap

Poin ini hampir sama penjelasannya seperti salah satu poin diatas. Karena layar smartphone jika digunakan semakin terang, semakin banyak mengkonsumsi daya baterai. Terlebih lagi jika kamu menggunakan gambar wallpaper yang mencolok, seperti foto mantan yang menggunakan baju merah dan celana kuning misalnya.

Selain meminimalkan tingkat pencahayaan menjadi lebih rendah, menggunakan wallpaper dengan warna yang gelap

juga dapat membantu untuk menghemat baterai.

Ganti baterai

Semua tips diatas sudah kamu lakukan, tapi baterai smartphone smartphone kamu masih boros juga? Maka bisa dipastikan biang keroknya bukanlah pencahayaan layar, wallpaper, maupun aplikasi yang berjalan. Melainkan adalah baterai smartphone kamu sendiri.

Bisa jadi baterai smartphone kamu sudah cukup berumur, dan minta di pensiunkan. Karena baterai, selalu memiliki

masa pakai. Jika sudah tidak mampu digunakan dalam waktu lama, gantilah baterai smartphone kamu.

Sekian tip kali ini. Semoga dengan mengikuti tips-tips diatas, kamu bisa menggunakan smartphone kamu lebih lama tanpa perlu bolak balik mengisi baterai.

Sumber:

https://galleta.co.id/tank-hero-apk/