Cara Merawat Body Mobil Agar Awet Dan Tetap Berkilau

Berikut beberapa cara untuk merawat bodi kamera yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah:

1. Hindari sinar UV yang berlebihan

Sebagaimana dijelaskan di atas, sinar matahari yang berlebihan (UV) akan mempengaruhi penampilan tubuh mobil Anda. Jadi, sedapat mungkin, hindari mobil-mobil matahari (UV) yang berlebihan. Ketika Anda ingin memarkirnya, carilah tempat parkir yang cukup teduh, terutama ketika Anda ingin memarkir mobil cukup lama. Namun ketika Anda tidak menemukan tempat parkir yang cukup, Anda bisa mencoba menggunakan penutup mobil atau penutup mobil lain.

2. Gunakan sampo khusus

Ketika Anda ingin mencuci mobil Anda di rumah, pastikan Anda menggunakan sampo khusus mobil. Ini karena sampo mobil memiliki tingkat yang sebenarnya telah disesuaikan dengan tubuh mobil sehingga dapat lebih baik merawat cat tubuh.

3. Bersihkan dengan kain tipis

Tips berikutnya untuk perawatan tubuh mobil harus mempertimbangkan alat yang Anda gunakan untuk membersihkan bagian-bagian bodi mobil. Gunakan kain lembut untuk membersihkan bagian luar mobil, jangan gunakan kain kasar. Biasanya sudah ada kain yang digunakan khusus untuk membersihkan mobil, seperti kanibo atau chamois. Jika Anda tidak memiliki dua jenis kain ini, Anda bisa menggunakan kain dengan bahan lembut dan lembut. Juga pastikan bahwa kondisi kain bersih dan tidak kotor.

4. Perhatikan tubuh kendaraan selama gelap

Saat membersihkan mobil, perhatikan kondisi bodi mobil. Jika kondisi mobil kering, perlu menyiramnya sebelum melanjutkan dengan putaran. Jika Anda membersihkan badan mobil dalam kondisi kering, jelas, kondisi bodi mobil tidak terlihat bersih dan bahkan dapat meninggalkan goresan kecil. Ini karena partikel debu yang ada nantinya dapat menggores tubuh mobil. Oleh karena itu penting untuk memberikan pelumas khusus yang sebenarnya untuk body mobil saat membersihkan sehingga body mobil lebih bersih. Gunakan teknik pembersihan searah jarum jam.

5. Hindari menggunakan deterjen atau sabun lengket

Hindari menggunakan sabun deterjen atau lengket untuk mencuci tubuh mobil Anda. Mengapa? karena penggunaan deterjen / sabun juga bisa membuat tubuh mobil lebih tipis dan bahkan bisa membuat tubuh mobil lebih kasar. Selain itu, sabun Colek atau cuci deterjen membuat warna bodi mobil tidak rata dan tidak terlihat bersih.

6. Mencuci secara otomatis

Pembersihan mesin secara teratur adalah salah satu cara efektif untuk merawat tubuh mobil Anda agar tetap terjaga dengan baik. Tidak harus setiap hari, lakukan saja seminggu sekali selama musim kemarau. Tetapi selama musim hujan, lakukan lebih sering. Ketika mobil terkena hujan, jangan biarkan ia pergi. Segera cuci dengan air bersih dan keringkan atau Anda juga bisa langsung mencuci. Air hujan memiliki kandungan asam yang tinggi sehingga tubuh mobil bisa lenyap.

7. Cuci mobil di tempat yang teduh

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika Anda mencuci mobil adalah tempat yang Anda gunakan untuk mencuci diri. Akan lebih baik jika Anda mencuci mobil di tempat teduh. Naungan mencuci tidak cepat mengeringkan air pencuci di badan mobil yang akan meninggalkan bekas.

8. Berikan kit setelah mencuci bodywork

Anda dapat melakukan perawatan bodywork lain setelah mencuci mobil. Anda bisa mencoba menggunakan car kit agar penampilan bodi mobil tetap terlihat cerah. Paket biasanya dikirim ketika kondisi mobil sudah dibersihkan. Kemudian aplikasikan kit secara keseluruhan ke badan mobil. Berikan kit ini untuk membersihkan kotoran lembut yang masih menempel di badan mobil.

9. Perhatikan peletakan kendaraan di malam hari

Hati-hati meletakkan mobil Anda di malam hari. Jangan biarkan mobil Anda terpapar di tempat terbuka, ini karena air embun yang ada bisa memudarkan warna tubuh mobil Anda juga bisa mengurangi ketahanan tubuh mobil Anda. Jika ini dibiarkan terus menerus, dapat menyebabkan tubuh mobil mengalami retakan kecil yang cukup mengganggu.

10. Tubuh mesin tersusun

Pemeliharaan lain dari mobil yang dapat Anda lakukan adalah tubuh gabungan dari mobil. Ini dilakukan untuk dapat memoles tubuh mobil Anda. Namun ketika Anda berencana membuat senyawa mobil, Anda hanya diperbolehkan melakukannya di beberapa bagian, terutama di bagian yang memiliki kotoran atau goresan.

Sumber : https://www.hondamobillampung.co.id