Cara Mudah Mengendarai Mobil Manual

Cara Mudah Mengendarai Mobil Manual

Umumnya, orang yang tidak pernah mengemudikan mobil manual akan mengalami kesulitan untuk berlatih mengendarai mobil. Bahkan kepanikan datang ketika berada di belakang kemudi. Tetapi mengemudi melalui jalan tentu membutuhkan keterampilan yang baik dan kesiapan yang tinggi.

Kebanyakan, untuk pemula, lebih suka belajar mobil manual dibandingkan dengan mobil otomatis. Nah, khusus untuk mobil manual, pemula butuh trik khusus untuk bisa mengendarainya. Seperti panduan yang disebutkan oleh Daihatsu, berikut beberapa cara mudah untuk mengendarai mobil manual:

1. Kenali karakteristik mobil

Saran utama yang harus dibuat sebelum belajar mengemudikan mobil manual adalah menghafal. Pastikan untuk mengingat bagian-bagian penting dari mesin seperti pedal rem, gas dan kopling. Jangan maju selangkah karena itu akan berakibat fatal. Tidak hanya itu, tombol sinyal cahaya, klakson dan yang lainnya juga harus dihafalkan. Juga perhatikan posisi dan cara mengubah posisi tuas persneling atau tuas persneling.

2. Berolahraga di tempat yang tepat

Pilih lokasi untuk digunakan sebagai tempat pelatihan untuk mengendarai mobil manual. Tempat-tempat seperti lapangan cukup luas, akan membuat Anda lebih berkonsentrasi saat menghafal item. Setelah terbiasa, pilih posisi yang lebih menantang. Misalnya, jalan umum yang sunyi.

3. Itu harus berkonsentrasi

Ketika Anda belajar mengendarai mesin transmisi manual, waktu yang paling menegangkan adalah ketika Anda mulai masuk ke dalam kabin mobil dan duduk seperti pengemudi yang berpengalaman. Pastikan pikiran Anda lebih tenang, rileks dan penuh konsentrasi. Dan ingat bahwa ketika Anda menghidupkan mesin mobil, pastikan mobil dalam keadaan netral (jangan masukkan gigi Anda).

4. Seimbangkan antara kopling dan pedal gas

Perubahannya ada di posisi 1, tapi belum? Tentu karena Anda belum menginjak pedal gas. Tapi jangan melangkah sepenuhnya. Saat gas ditekan, Anda harus perlahan-lahan mengangkat kopling. Ini biasanya bagian tersulit bagi pemula. Ketika bagian gas diinjak dengan kuat sementara kopling belum dinaikkan, itu dapat menyebabkan suara kasar.

Sementara jika kopling terlalu cepat, ada dua kemungkinan yang terjadi, mesin mati atau jalan mobil tercekik. Jika Anda telah berjalan perlahan dan Anda ingin berubah, naik atau turun, Anda harus selalu menginjak kopling

Sumber :  https://www.rentalmobillampung.co.id