Darmono: Pendidikan Tinggi Wajib Berubah Hadapi Revolusi Industri 4.0

Darmono: Pendidikan Tinggi Wajib Berubah Hadapi Revolusi Industri 4.0

Darmono Pendidikan Tinggi Wajib Berubah Hadapi Revolusi Industri 4.0

Darmono Pendidikan Tinggi Wajib Berubah Hadapi Revolusi Industri 4.0

Founder President University, SD. Darmono berharap proses perizinan berdirinya fakultas kedokteran

pada President University segera diterbitkan.  Hadirnya fakultas kedokteran di kawasan industri tersebut bisa membantu pemerintah dalam bidang kesehatan.

“Sudah lama kita ajukan untuk dirikan fakultas kedokteran tapi belum mendapatkan izin tersebut.  Padahal ada 10 RS di Cikarang, dan kita punya President Medical klinik. Sehingga dengan adanya sekolah kedokteran yang bisa berbahasa asing, kita bisa datangkan devisa dari bidang kesehatan,” ujar Darmono yang juga Chairman Jababeka Group, dalam acara penerimaan akreditasi institusi President University dengan akreditasi A dari BAN PT, di President Lounge, Rabu (23/1/2019).

Dirinya juga berpesan dengan diraihnya akreditasi A tersebut tanggung jawabnya lebih besar.

Dosen harus banyak belajar lagi, kurikulum akan terus diperbaiki mutunya dan dan bidang lain yang belum tersentuh harus diperbaiki.

Terlebih menurutnya, saat ini dunia sedang dihadapi dengan era industri 4.0, maka pendidikan tinggi harus lebih banyak kompetensi di berbagai bidang yang disebut multitasking.

“Sebab dengan perubahan yang mendadak ini kita tidak tahu skill apa yang dibutuhkan pasar. Jadi lulusan universitas harus bisa kerja apapun sebab kita tidak tahu 4.0 apa dampaknya,” ujarnya

Lanjutnya, akan banyak lapangan kerja tradisional yang hilang. Kalau pun hilang strategi kerja seperti

apa yang harus disiapkan, perlu ditingkatkan apa yang robot dan mesin tidak dilakukan. Karena sebagian kerja diambil mesin maka banyak waktu luang maka perlu up skilling harus bisa multitasking.

“Pendidikan kita harus menjurus ke sana, jurusan yang spesialisasi itu nanti misal jurusan mesin yang merawat 4.0 itu. Generalis spesialis,” pungkasnya.

Sementara itu, Rektor President University, Jony Oktavian Haryanto mengatakan program magang juga menjadi unggulan President University dimana lulusannya 90% lebih langsung diserap di dunia kerja setelah mereka lulus.

 

Baca Juga :