Dipungut Biaya Terlalu Besar, Epic Game Bikin Toko Aplikasi

Dipungut Biaya Terlalu Besar, Epic Game Bikin Toko Aplikasi

Dipungut Biaya Terlalu Besar, Epic Game Bikin Toko Aplikasi

Dipungut Biaya Terlalu Besar, Epic Game Bikin Toko Aplikasi

Sebagai upaya membatasi biaya yang dipungut oleh perusahaan teknologi seperti Google Play Store

dan App Store pada pengembang aplikas, Epic Games, developer Fortnite resmi meluncurkan toko aplikasi.

Kabarnya, biaya yang ditawarkan toko aplikasi besutan Epic Games lebih rendah daripada Google dan Apple.

Pasalnya, toko baru Epic akan membebankan biaya komisi kepada pengembang hanya 12 persen, kurang dari setengah yang dilakukan toko aplikasi Apple Inc dan Alphabet Inc (Holding Google). Langkah berani itu bisa mendorong pengembang aplikasi dari segala jenis untuk menuntut kesepakatan yang sama, seperti dikutip Android Authority.

Benjamin Schachter, seorang analis di Macquarie Capital,

mengatakan dalam sebuah laporan bahwa ini adalah masalah besar dan memiliki implikasi yang berpotensi menjangkau lebih jauh dari sekadar para pengembang game saja.

Jika Apple dan Google akhirnya dipaksa untuk memotong komisi agar sesuai dengan Epic, itu bisa sangat berdampak pada laba.

Perusahaan riset Sensor Tower mengatakan dalam laporan Juli tahun lalu bahwa orang-orang menghabiskan sekitar USD 34 miliar pada toko-toko aplikasi tersebut pada paruh pertama tahun 2018.

Sebagaimana diketahui, selama bertahun-tahun, App Store Apple

dan Google Play Store telah menjadi jalan utama yang dapat digunakan pengembang untuk memasukkan aplikasi ke sistem operasi masing-masing.

Kemudian, pengembang aplikasi membayar komisi 30 persen untuk didistribusikan melalui toko-toko. Biaya yang menurut Google dan Apple adil untuk menyediakan pasar serta sistem distribusi yang tepercaya dan aman.

Tim Sweeney, CEO Epic Games menuturkan, bahwa pihaknya, telah lama kritis terhadap model bisnis app store yang disebarkan oleh Apple dan Google.

Epic Games, percaya kedua perusahaan mengambil terlalu banyak potongan dari penjualan aplikasi dibandingkan dengan biaya yang terlibat dalam menjalankan toko.

 

Baca Juga :