ENVIRONMENTAL ANALYSES

ENVIRONMENTAL ANALYSES

ENVIRONMENTAL ANALYSES

ENVIRONMENTAL ANALYSES

Analisis lingkungan merupakan salag satu bagain dari alat strategis, yang digunakan sebagai bagian dari proses untuk mengidentifikasi semua elemen eksternal dan internal yang dapat memengaruhi kinerja organisasi. Sehubungan dnegan hal ini, berikut ini merupakan hasil analisis lingkungan untuk YouTube sevagai salah satu situs video sharing yang banyak diakses oleh masyarakat, dengan menggunakan analisis PESTEL (Political, Economic, Social, Technological, Environmental, and Legal) (Adamkasi, 2016), yaitu:

  1. Political

Faktor politik merupakan salaha satu faktoryang sangat berpengaruh bagi sebuah organisasi, dimana ini berkaitan dengan kondisi politik Negara, mengingat bahwa Youtube merupakan sistus universal yang dapat diakses secara universal diseluruh duniam jadi kondisi politik akan mempengaruhi Youtube dalam perkembangnnya, salah satunya adalah ketengangan politik dalam Negara maupun atar Negara akan mempengaruhi pertumbuhan bisnis, tingkat penjualan dan pendapatan yang tinggi. Selain itu, sebagai bagian dari Google,YouTube secara signifikan dipengaruhi oleh iklim politik suatu Negara, khususnya menyangkut kebijakan yang dibuat oleh pemerintah tentang aturan tampilan konten yang biasanya dibatas untuk bagian-bagian tertentu, sehingga ini akan membatasi pendapatan YouTube, sebab YooTube sebagai situs informasi dan portal streaming online, pendapatan utamanya adalah dari jumah kunjungan pengguna. Jika situs tertentu tidak bisa diakses oleh pengguna maka ini akan mengurangi jumlah pengunjung

  1. Economic

Faktor ekonomi yang dapat mempengaruhi YouTube adalah berkaitan denganstabilitas ekonomi baik di pasar domestik maupun internasional, karena hal ini dapat mempengaruhi kekuatan ekonomi masyaratnya, khususnya dalam hal penghasilan atau pendapatan seseorang. Pendapatan seseorang ini berpengaruh pada jumlah konsusmsi seseorang menggunakan internet. Jika seseorang memiliki pendapatan yang rendah, artinya ia akan membatasi atau mengurangi penggunaan internat, khususnya yang bertujuan untuk hiburan, sebab mereka akan berasumsi ini bisa menyebabkan pemborosan.

  1. Social

YouTube merupakan salah satu bagian dari media sosial, seperti misi yang dijunjungnyabahwaYoutube bertujuan untuk memberikan suara pada setiap orang di dunia dan menunjukkan kepada setiap orang di seluruh dunia(YouTube, n.d.), dimana dalam hal ini pada dasarnya YouTube ingin menghubungkan setiap orang diberbagai belahan dunia untuk saling berbagai, berinteraksi dan bersosialisasi, yang mana ini merupakan bagian penting dari Youtube sebagaimerek global.

  1. Technological

Teknologi sangat berpengaruh untuk YouTube, karena pada dasarnya keberadaan YouTube berbasis pada teknologi, dan merupakan bentuk dari evolusi teknologi. Meskipun demikian, teknologi masih dapat berkembang oleh sebab itu, tidak dapat dipungkiri bahwa seiring dengan berjalnnya waktu, YouTube juga harus tetap memperhatikan perkembangan teknologi, khususnya untuk menyesuaikan diri dengan memberikan inovasi-inovasi baru melalui teknologi baru.

  1. Environmental

Masalah lingkungan merupakan salah satu aspek kehidupan yang saat ini menjadi perhatian setiap orang di dunia. Oelh sebab itu penting bagi YouTube yang dalam menjalankan perusahaannya untuk selalu berpegang teguh untuk menjaga lingkungan. Hal ini tentunya senada dengan Google sebagai perusahaan induk, dimana mereka berfokus pada penggunaan energi bersih dan upaya untuk melindungi lingkungan. Maka tidak heran jika melalui YouTube, Google menggunakan menyebarkan pesan kebijakan perlindungan lingkungannya kepada publik.

  1. Legal

YouTube merupakan domain berbagi video yang dapat diakses oleh banyak orang, dan memberikan kesempatan kepada pengguna untuk menggunggah konten mereka sendiri. Tentu untuk melindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan YouTube terikat dengan komponen hukum undang-undang hak cipta dan peraturan kekayaan intelektual, khususnya jika ada pegguna yang menggunggah konten yang menentang hukum atau illegal, atau menentang ketentuan-ketentuan tertentu, makaYouTube harus bertindak tegas untuk segera menghapus konten yang berbahaya tersebut.

Sumber : http://fenilu95.blog.unjaniyogya.ac.id/school-days-apk/