Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )

Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )

Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )

Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )

 Tujuan Pembelajaran

Siswa Mampu :

  1. Menyebutkan suku bangsa dan budaya setempat.
  2. Menyebutkan contoh cara menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat.
  3. Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat.
  4. Menjelaskan pentingnya menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat.
  5. Materi Pembelajaran       : Keragaman Suku Bangsa dan Budaya.
  6. Metode Pembelajaran
  • Ceramah.
  • Tanya Jawab.
  • Penugasan.
  • Diskusi.

 

Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1

–       Kegiatan Awal        :

  • Guru memberi salam kemudian mengabsen
  • Guru memberikan motivasi mengenai materi-materi yang akan diajarakan dan manfaatnya serta penyampaian tujuan pembelajaran.

–       Kegiatan Inti           :

  • Guru menjelaskan tentang keragaman suku bangsa dan budaya.
  • Siswa mengamati model / gambar suku bangsa dan budaya setempat.
  • Guru memberikan umpan balik tentang materi yang diajarkan.

–       Kegiatan Penutup    :

  • Guru memberikan kesempatan kepada siswa yang bertanya mengenai materi yang tidak dimengerti.
  • Guru dan siswa membuat kesimpulan materi.
  • Guru mengakhiri pembelajaran dengan salam.

 

Pertemuan II

–       Kegiatan Awal        :

  • Guru memberi salam kemudian mengabsen.
  • Mengulang kembali sedikit materi sebelumnya.
  • Guru menyampaikan tujuan dan manfaat materi yang akan dibahas.

–       Kegiatan Inti           :

  • Dengan ceramah guru menyampaikan cara menghargai ragaman suku bangsa dan budaya setempat.
  • Mendiskusikan cara menghargai ragaman suku bangsa dan budaya setempat.
  • Guru memberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil kerja siswa didepan kelas.

–       Kegiatan Penutup  :

  • Secara bersama-sama merangkum materi yang telah dibahas.
  • Guru menyuruh siswa untuk mencarikan gambar suku bangsa dan budaya untuk pertemuan selanjutnya.

 

Pertemuan III

–       Kegiatan Awal        :

  • Guru menberi salam kemudian mengabsen.
  • Mengulang sedikit materi sebelumnya.

–       Kegiatan Inti         :

  • Secara kelompok siswa memperesentasikan tentang pentingnya menghargai keragaman suku dan budaya setempat.
  • Guru menjelaskan makalah tersebut dan mengaitkan dengan buku.
  • Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang tidak dimengerti.

–       Kegiatan Penutup  :

  • Siswa menyimpulkan hasil diskusi.
  • Guru mengakhiri pertemuan dengan salam.

Baca Juga :