Inilah Manfaat Pendidikan Seks Sejak Dini

Inilah Manfaat Pendidikan Seks Sejak Dini

Belakangan, permasalahan pelecehan seksual yang menimpa anak-anak Indonesia semakin banyak. Bahkan pelakunya tak jarang adalah orang terdekat si anak laksana paman, guru, atau bahkan pacar.

Berdasarkan keterangan dari Ginekolog sekaligus pakar seks, dr Boyke Dian Nugraha, minimnya edukasi seks yang diserahkan orangtua untuk anak semenjak dini adalah salah satu alasannya.

Ia memandang orangtua sebetulnya mengerti tentang mana yang boleh dan tidak boleh dilaksanakan anak ketika bersangkutan dengan lawan jenis, namun mempunyai hambatan ketika akan mengungkapkannya untuk anak.

“Yang saya temukan, orangtua telah baca kitab mengenai edukasi seks, tapi saat ngomong sama anak sulit banget. Akibatnya anak tidak mendapatkan edukasi seks semenjak dini dari orangtuanya,” ujar Boyke pada temu media peluncuran kitab ‘Adik Bayi datang Dari Mana’ di Jakarta.

Terkait dengan urusan itu ia mempunyai tips tersendiri untuk orangtua untuk mengayomi anak dari risiko pelecehan seksual.

“Pertamanya anak-anak mesti dibekali pemahaman bahwa organ intim mereka, aurat mereka tersebut harus dilindungi. Mereka pun harus tahu siapa yang boleh membuka bajunya, yaitu melulu dokter atau orangtua saja yang bisa,” imbuhnya.

Begitu pula andai ada orang lain, tergolong orang terdekat yang hendak mencium, Boyke menegaskan supaya orangtua menyerahkan pemahaman untuk anak bahwa urusan tersebut harus dihindari.

“Kalau terdapat yang melakukan urusan tersebut kepadanya, maka dia mesti teriak, lari dan menggali pertolongan,” pungkasnya.

Sumber : http://www.printfamily.ir/fa/home/goToUrl/url/www.pelajaran.co.id