Istilah yang Erat Hubungannya dengan DOS

Istilah yang Erat Hubungannya dengan DOS

Istilah yang Erat Hubungannya dengan DOS

  1. MS-DOS Mode

adalah sebuah shell dimana lingkungan MS-DOS di-emulasikan dalam Sistem Operasi 32-bit, seperti Windows. Program berbasis MS-DOS dapat berjalan di Windows dan biasanya ia membuat sebuah file yang disebut Program Information File (PIF) yang muncul sebagai shortcut di desktop anda.


  1. COMMAND.COM

adalah salah satu berkas penting dalam sistem operasi MS-DOS dan segala turunannya yang bertindak sebagai shell dan antarmuka dengan pengguna. COMMAND.COM ini menyajikan prompt input kesiapan penggunaan komputer, yang disebut sebagai Command Prompt. Di dalam COMMAND.COM terdapat beberapa fungsi/perintah dasar (perintah internal)dalam mengoperasikan komputer, seperti MKDIR/MD, COPY, dan beberapa perintah lainnya. Tanpa berkas ini, sistem operasi DOS tidak akan berjalan, karena ia tidak dapat menemukan cara bagaimana ia dapat berkomunikasi dengan pengguna


  1. Prompt 

adalah sebutan bagi tanda kesiapan sistem operasi berbasis antarmuka baris perintah untuk penerima perintah dari pengguna. Dalam sistem operasi MS-DOS dan Windows, tanda prompt umumnya seperti C:\>. Dalam sistem operasi UNIX, jenis prompt yang ditampilkan tergantung dari jenis shell yang digunakannya, dan jenis privilese yang dimiliki oleh pengguna, yang dapat berupa# atau $.


  1. Direktori

Sebuah direktori adalah komponen dari sistem berkas yang mengandung satu berkas atau lebih atau satu direktori lainnya atau lebih, yang disebut dengan subdirektori. Batasan jumlah berkas atau subdirektori yang dapat ditampung dalam sebuah direktori tergantung dari sistem berkas yang digunakan, meskipun sebagian sistem berkas tidak membatasinya. Batasan tersebut disebabkan ukuran media penyimpanan di mana direktori berada.


Sebuah direktori yang mengandung satu direktori atau lebih disebut sebagai parent directory dari direktori-direktori tersebut, dan setiap direktori yang dikandung di dalam direktori disebut sebagai child directory. Struktur direktori seperti ini lazim disebut sebagai struktur hierarkis direktori, atau sering juga disebut sebagai pohon direktori.


Baca Juga :