Jenis -Jenis Minyak

Jenis -Jenis Minyak

Dilihat dari asalnya terdapat dua jenis atau golongan besar minyak yaitu yang di hasilkan tumbuh-tumbuhan (minyak nabati), hewani (minyak hewani), dan minyak yang diperoleh dari kegiatan penambangan (miyak bumi).
1. Minyak Tumbuhan dan Hewan
Minyak tumbuhan dan hewan semuanya merupakan lipid. Dari susut pandang kimia, minyak jenis ini sama saja dengan lemak. Minyak yang dibedakan dari lemak berdasarkan sifat fisiknya pada suhu ruang, ada yang berwujud cair dan padat. Penyusunnya bermacam-macam tetapi banyak dimanfaatkan orang hanya yang dari dua golongan saja yaitu :
a) Gliserida atau asam lemak, yang mencakup minyak makanan ( minyak sayur dan minyak ikan), bahan baku industri sabun, bahan campuran minak pelumas, dan bahan baku biodiesel. Golongan ini biasnaya bewujud padat atau cair pada suhu ruang tetapi tidak mudah menguap.
b) Terpena dan terpenoid, yang dikenal sebagai minyak atsiri, minyak esteris, minyak esensial (bukan asam lemak esensial), merupakan bahan dasar wangi-wangian (parfum), dan minyak gosok. Golongan ini praktis semuanya berasal dari tumbuhan yang dianggap memiliki khasiat penyembuhan (aromaterapi). Kelompok minyak ini memiliki aroma yang kuat karena sifatnya yang mudah menguap pada suhu ruang, sehingga disebut juga dengan minyak aromatic.

2. Minyak bumi

Minyak bumi merupakan campuran berbagai macam zat organik, tetapi komponen pokonya adalah hidrokarbon. Minyak bumi disebut juga minyak mineral kerana diperoleh dalam bentuk campuran dengan mineral lain. Minyak bumi tidak dihasilkan dan didapat secara langusng dari hewan atau tumbuhan, melainkan dari fosil. Karena itu, minyak bumi dikatakan sebagai salah satu dari bahan bakar fosil. Beberapa ilmuan menyatakan bahwa minyak bumi merupakan zat abiotik yang berarti zat ini tidak berasal dari fosil tetapi merupakan zat anorganik yang dihasilkan secara alami didalam bumi. Namun, pandangan ini diragukan secara imiah karena hanya memiliki sedikit bukti yang mendukung.

Sumber :

https://freemattandgrace.com/minyak-rambut-pria/