Jenis-Jenis Tabungan

Jenis-Jenis Tabungan

Jenis-Jenis Tabungan

Tabungan Umum

Yaitu tabungan biasa yang dilaksanakan oleh semua bank (termasuk BPR) yang memiliki manfaat seperti artikel sebelumnya dan persyaratan pembukuannya hampir sama setiap banknya, yaitu:


  • Mengisi Formulir aplikasi pembukaan
  • Menyerahkan Copy identitas ( KTP, SIM, atau paspor)
  • Melakukan setoran pertama sesuai dengan ketentuan masing-masing bank ( bervariasi antara Rp. 25.000,- s.d Rp 500.000,-) dan sekaligus sebagai saldo minimum.

Banyak bank memiliki jenis tabungan umum lebih dari satu jenis antara lain Bank Jabar :  Tabungan Anda Masa Datang (Tanda Mata), Simpanan Pembangunan Daerah (Simpeda); BNI :  Tabungan Plus (Taplus),  Tabungan Plus Utama (Taplus Utama); BRI Simpanan Masyarakat Desa (Simpeda) dan Simpanan Masyarakat Kota (Simaskot), dll

Pada umumnya, yang membedakan jenis satu dengan yang lainnya, terlebih pada setoran pertama (Saldo minimum, tingkat suku bunga) dan besarnya nilai pertanggungan asuransi jiwa kecelakaan.

Tabungan Khusus

Tabungan khusus itu memilik karakteristik yang berbeda dengan tabungan umum dan belum semua bank melaksanakannya.  Tabungan khusus dimaksud antara lain.

  • Tabungan Haji Indonesia (THI)

THI adalah tabungan yang dipergunakan sebagai sarana untuk mendapatkan kepastian pergi untuk berangkat menunaikan ibadah haji.

  • Tabungan Pendidikan

Tabungan pendidikan ini merupakan sarana bagi orang tua dalam menyediakan dana untuk baiaya pendidikan anak.


Baca Juga :