Jokowi Minta Pimpinan Perguruan Tinggi Ciptakan Ekosistem Wirausaha

Jokowi Minta Pimpinan Perguruan Tinggi Ciptakan Ekosistem Wirausaha

Jokowi Minta Pimpinan Perguruan Tinggi Ciptakan Ekosistem Wirausaha

Jokowi Minta Pimpinan Perguruan Tinggi Ciptakan Ekosistem Wirausaha

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para pimpinan lembaga pendidikan tinggi

untuk menciptakan suatu ekosistem yang dapat mengembangkan semangat wirausahawan (entrepreneurship) di kalangan mahasiswa.

Saat ini dibutuhkan wirausahawan tangguh yang dapat meningkatkan daya saing Indonesia di pentas global.

“Saya mengajak pimpinan Universitas untuk bersama-sama membangun ekosistem bagi

pengembangan kewirausahaan,” kata Presiden Jokowi saat berorasi pada Dies Natalis ke-66 Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan, Sumatera Utara, Senin (8/10).

Presiden Jokowi mengatakan, Indonesia membutuhkan wirausahawan yang dapat menciptakan lapangan kerja.

“ Mari kita sama-sama membangun tumbuhnya startup-startup bisnis. Membangun ekosistem yang membuat bisnis pemula, pebisnis-pebisnis pemula bisa menjadi besar,” katanya.

Ia mengatakan, peran sentral lembaga pendidikan tinggi bukan saja sebagai lembaga pendidikan,

tetapi juga peran sentralnya dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. “Dan, peran sentralnya sebagai mitra pemerintah dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan-kebijakan publik,” kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, lembaga pendidikan tinggi harus mencetak lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Perguruan tinggi juga harus mampu membuat alumninya mencintai negara, mencintai Indonesia yang melahirkan para pembela Pancasila, yang menancapkan jiwa kerakyatan, yang menanamkan integritas dan profesionalisme untuk membangun sebuah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Kembali saya tegaskan bahwa pendidikan tinggi memang harus mencetak lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, perguruan tinggi juga harus membuat alumninya mencintai negara, mencintai Indonesia yang melahirkan para pembela Pancasila,” katanya.

 

Sumber :

https://vidmate.co.id/