Kebugaran Jasmani Adalah

Definisi kebugaran fisik

Apa itu kebugaran fisik? Pengertian kebugaran fisik adalah kemampuan tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas dengan baik tanpa mengalami kelelahan yang signifikan. Dan setelah tubuh melakukan aktivitasnya secara optimal, ia masih memiliki cadangan energi untuk melakukan aktivitas lain.

Secara umum, kebugaran fisik atau kebugaran fisik dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

Sehat adalah suatu kondisi di mana tubuh (fisik dan mental) bebas dari semua penyakit.
Fit, suatu kondisi di mana tubuh mampu melakukan berbagai aktivitas sehari-hari secara optimal tanpa kelelahan yang berlebihan dan belum memiliki cadangan energi.

Kebugaran fisik menurut para ahli

Untuk lebih memahami definisi kebugaran fisik, kita bisa merujuk pada pendapat beberapa ahli. Berikut ini adalah definisi kebugaran jasmani menurut para ahli:

1. Muhajir
Menurut Muhajir, istilah kebugaran fisik adalah kemampuan tubuh untuk beradaptasi dengan berbagai kegiatan yang dilakukan tanpa kelelahan yang signifikan.

2. Sutarman
Menurut Sutarman, konsep kebugaran fisik adalah aspek kebugaran fisik dan umum yang memungkinkan seseorang untuk menjalani kehidupan yang produktif dan beradaptasi dengan stres fisik atau stres yang wajar.

3. Sadoso Sumosardjono
Menurut Sadoso Sumosardjono, istilah kebugaran fisik adalah kemampuan seseorang untuk melakukan tugas sehari-hari dengan mudah dan tanpa kelelahan, namun memiliki cadangan energi untuk menikmati waktu luang dan memenuhi kebutuhan mendadak.

4. Djoko Pekik Irianto
Menurut Djoko Pekik, istilah kebugaran fisik adalah kemampuan fisik untuk dapat melakukan pekerjaan sehari-hari secara efisien tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan, sehingga seseorang dapat terus menikmati waktu luangnya.

5. Agus Muklholid, M.Pd
Menurut Agus Muklolid, M.Pd., istilah kebugaran fisik adalah kemampuan untuk melakukan atau bekerja, meningkatkan kinerja tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

6. Rusli Lutan
Menurut Rusli Lutan, istilah kebugaran fisik adalah kemampuan untuk melakukan berbagai aktivitas fisik yang membutuhkan kelenturan, stamina dan kekuatan.

7. Mochamad Sajoto dan Judith Rink
Menurut Mochamad Sajoto dan Judith Rink, pentingnya kebugaran fisik adalah kemampuan seseorang untuk melakukan pekerjaan sehari-hari tanpa kelelahan yang berlebihan, dengan pengeluaran energi yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan fisiknya, dan untuk menikmati waktu luang untuk menghadapi keadaan darurat. untuk memuaskan.

8. Suvenir Soedjatmo OEM
Menurut Soedjatmo Soemowardoyo, istilah kebugaran fisik adalah kemampuan tubuh untuk menyesuaikan fungsi tubuhnya dalam batas-batas fisiologi terhadap lingkungan (tinggi, kelembaban, dll.) Dan / atau pekerjaan fisik dengan efisiensi yang cukup, tanpa terlalu lelah.

Faktor kebugaran fisik

Kebugaran seseorang tidak terjadi begitu saja. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Beberapa penentu kebugaran fisik seseorang adalah:

1. Asupan makanan bergizi
Manusia membutuhkan makanan bergizi sebagai sumber energi dan pembentukan sel dalam tubuh. Asupan makanan bergizi ini adalah salah satu penentu tingkat kebugaran Anda sendiri.

Selain jenis makanan, jumlah atau persentase makanan bergizi yang dicerna juga memainkan peran penting. Puaskan kebutuhan makanan bergizi agar tubuh dapat mencicipinya, dengan kata lain, jangan dilepaskan dan jangan berlebihan.

2. Gaya hidup sehat
Selain asupan makanan bergizi, gaya hidup juga memiliki dampak besar pada kebugaran fisik. Beberapa kebiasaan yang dapat memengaruhi kebugaran fisik seseorang, seperti Merokok, konsumsi alkohol, penggunaan narkoba dan lainnya.

Bahkan kebiasaan kecil seperti mencuci tangan sebelum makan, menyikat pra-tempat tidur dan membuang sampah adalah semua faktor yang mempengaruhi kebugaran fisik Anda.

3. Kebiasaan olahraga
Seperti disebutkan di atas, berolahraga tubuh dengan olahraga dapat membantu meningkatkan kebugaran fisik. Jika tubuh kita tidak digerakkan / berolahraga secara rutin, tubuh akan menjadi kaku atau rusak secara perlahan.

Olahraga tidak harus sulit, tetapi rutin. Beberapa latihan ringan untuk melatih tubuh, termasuk; Lari, bersepeda, jogging, dan kegiatan lainnya.

4. Istirahat yang cukup
Menurut beberapa ahli kesehatan, rata-rata orang dewasa perlu tidur 5-6 jam sehari. Tetapi, tentu saja, kebutuhan tidur berbeda untuk setiap usia.

Untuk anak-anak, waktu tidur 10-12 jam per hari biasanya diperlukan, untuk siswa durasi tidur 6-8 jam per hari, sedangkan orang tua perlu tidur 6-7 jam per hari.

Sumber : https://ilmubelajar.com

Baca Juga :