Kelebihan Historical cost

Kelebihan Historical cost

Kelebihan Historical cost

Kelebihan Historical cost

  1. Historical cost relevan dalam membuat keputusan ekonomi 
  2. Historical cost berdasarkan pada transaksi yang sesungguhnya, tidak pada kemungkinan.
  3. Selama sejarah, laporan keuangan yang menggunakan historical costsangat berguna.
  4. Pengertian terbaik mengenai konsep keuntungan adalah kelebihan dari harga jual dari historical cost.
  5.  Akuntan harus menjaga integritas datanya dari modifikasi internal
  6. Seberapa bergunanya laporan keuangan tergantung dari current cost atauexit price
  7. Perubahan dalam harga pasar dapat diungkapkan sebagai data tambahan.Terjadi ketidakcukupan data dalam membenarkan penolakanhistorical cost accounting.

Kelemahan Fair Value

Menurut Tim Krumwiede (2008;38) terdapat berapa kritik penting terhadap fair value:

  1.  Meskipun bermaksud baik namun perkiraan manajemen tentang fair value bisa menjadi salah pada luas berbagai prediksi dan asumsi yang salah.
  2. Oportunistik dan ketidakjujuran manajemen dapat mengambil keuntungan dari penilaian dan estimasi yang digunakan dalam proses manipulasi dan mengurutkan angka pada hasil dalam angka pendapatan yang diinginkan.

Kelebihan Fair Value

Penman (2007;33) mengemukakan argument mengenai kelebihan dariFair Value:

  1. Investor-investor berkaitan dengan nilai, bukan biaya, maka melaporkanfair value
  2. Dengan berlalunya waktu, harga historis jadinya tidak relevan di dalam menaksir posisi keuangan suatu entitas. Harga menyediakan informasi terbaru sekitar nilai dari aset-aset.
  3. Akuntansi fair value melaporkan aset dan kewajiban dalam cara yang ekonomis akan memperhatikan mereka; fair value mencerminkan unsur pokok ekonomi yang benar.
  4. Akuntansi fair value melaporkan economic income: seturut diterima secara luas defenisi Hicksian dari pendapatan sebagai perubahan dalam kekayaan, perubahan dalam fair value dari aset bersih pada neraca menghasilkan pendapatan. Akuntansi fair value adalah solusi kepada permasalahan akuntan dalam pengukuran pendapatan, dan lebih disukai dibanding ratusan peraturan yang mendasari pendapatan historical cost 
  5. Fair value adalah penukuran berbasis pasar yang tidak dipengaruhi oleh faktor-faktor khusus untuk entitas tertentu; secara setimpal itu menunjukkan satu pengukuran yang tidak bisa yang konsisten dari periode ke periode dan lintas entitas.

Sumber : https://synthesisters.com/