Komisi Nasional HAM (KOMNAS HAM)

Komisi Nasional HAM (KOMNAS HAM)

Komisi Nasional HAM (KOMNAS HAM)

Komisi Nasional HAM (KOMNAS HAM)

 

Apa itu Komnas HAM ?

Pengertian KOMNAS HAM | Komisi Nasional Hak Asasi Manusia atau KOMNAS HAMadalah lembaga mandiri yang memiliki kedudukan setingkat dengan lembaga atau institusi negara yang lain yang memiliki fungsi untuk melaksanakan pengkajian, penelitian, penyuluhan, pemantauan serta mediasi hak asasi manusia.

Tujuan Komnas HAM

Searah dengan pengertian KOMNAS HAM, lembaga negara ini memiliki beberapa tujuan. Berikut tujuan KOMNAS HAM antara lain:
1. Mengembangkan kondisi yang kondusif bagi pelaksanaan hak asasi manusia (HAM) sesuai dengan pancasila (UUD) 1945 dan piagam PBB serta Universal declaration of human rights (Deklarasi Universal Hak asasi manusia).
2. Memberikan peningkatan perlindungan dan penegakan hak asasi manusia (HAM) agar pribadi manusia Indonesai berkembang seutuhnya serta meningkatnya kemampuan tiap individu dalam berpartisipasi dalam berbagai bidang kehidupan.

Wewenang Komnas HAM

Dalam mewujudkan tujuan komnas HAM, lembaga ini memiliki serangkaian wewenang baik dalam bidang pengkajian penelitian, penyuluhan, dan mediasi. Berikut beberapa penjelasan tentang wewenang komnas HAM dalam berbagai bidang yang ada

Wewenang komnas ham dalam bidang pengkajian penelitian

  • Pengkajian dan penelitian berbagai instrumen internasional hak asasi manusia (HAM) dengan tujuan memberikan saran saran (suggestion) tentang kemungkinan aksesibilitas ataupun ratifikasi
  • Pengkajian dan penelitian berbagai peraturan perundang-undangan untuk memberikan rekomendasi pembentukan, perubahan, dan pencabutan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan hak asasi manusia (HAM
  • Penerbitan hasil pengkajian dan penelitian
  • Studi kepustakaan, studi lapangan, dan studi banding di negara lain mengenai hak asasi manusia (HAM)
  • Pembahasan berbagai masalah yang berkaitan dengan perlindungan, penegakan dan pemajuan hak asasi manusia.
  • Kerja sama pengkajian dan penelitian dengan organisasi, lembaga atau pihak lainnya, baik tingkat nasional, regional maupu internasional dalam bidang hak asasi manusia.

Sumber : http://alchemistindustries.com/tips-asah-perkembangan-berpikir-pada-balita/