Kunci Penting di dalam Perbedaan Umat Beragama

Kunci Penting di dalam Perbedaan Umat Beragama

apakah kalian telah saksikan atau mendengar berita mengenai teror bom bunuh diri yang baru-baru ini berjalan di Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur? Ternyata, hal tersebut berjalan karena, tidak benar satunya, minimnya tingkat toleransi yang dimiliki para pelaku dan pengikut ajaran tersebut. Terdiri dari beragam macam suku dan agama, toleransi kemudian merupakan hal perlu di Indonesia. Untuk mencegah terjadinya hal serupa, yuk, bahas seluk-beluk dan macam-macam toleransi yang ada!

Berasal dari bahasa latin “tolerare”, toleransi artinya sabar dan mencegah diri. Toleransi juga sanggup artinya saling menghargai dan menghargai perbedaan bersama orang lain bersama tidak mendiskriminasi kelompok yang berbeda, selama orang tersebut tidak melanggar ketetapan dan norma. Toleransi ada banyak macamnya, tidak benar satunya adalah toleransi beragama, yang terbagi menjadi 3 jenis, yaitu toleransi negatif, toleransi positif, dan toleransi ekumenis.

Toleransi Negatif

Toleransi negatif adalah bentuk toleransi individu atau kelompok pada kepercayaan individu atau kelompok lain yang berbeda, bersama tidak laksanakan apa-apa walaupun tidak menyetujui mengisi atau ajaran kelompok lain. Tuh, Squad. Menjadi toleran itu mudah kok. Dengan nggak laksanakan apa-apa, kalian telah juga toleran lho. Selama apa yang dikerjakan kelompok lain tetap sesuai bersama norma sosial yang berlaku, ya. Jadi, kalau kalian kurang setuju bersama ajaran tertentu dan tidak semuanya memahami, daripada menyebar berita yang tidak benar, lebih baik kalian diam saja ya, Squad. Dengan menyebarkan berita yang tidak benar, kalian hanya dapat memperkeruh suasana dan mengundang permasalahan baru.

Toleransi Positif

Menghargai pemeluk atau penganut paham lain meski tidak menyetujui mengisi ajarannya merupakan bentuk toleransi positif, Squad. Contohnya adalah toleransi sesama umat beragama. Dalam toleransi ini, setiap individu yakin bahwa agama yang dianutnya paling benar, tapi sesama umat beragama selalu perlu selalu menghargai dan menghargai individu lain.

Toleransi Ekumenis

Toleransi ini adalah toleransi yang menghargai seluruh bentuk perbedaan, baik itu mengisi ajaran dan toleransi antar pemeluknya. Dalam toleransi ini, individu yakin bahwa setiap agama dan kepercayaan tidak sama sama-sama punya nilai benar dan memiliki target yang sama. Toleransi beragama, misalnya. Tidak hanya menghargai pemeluknya, individu juga menghargai mengisi ajaran yang dianut individu lain.

Itu dia macam-macam toleransi di dalam toleransi beragama https://www.gurukelas.co.id/