Makanan yang harus dihindari

Ada juga makanan yang bisa menyebabkan radang, sekaligus memperburuk atau meningkatkan risiko kondisi inflamasi. Ini termasuk lemak jenuh dari makanan olahan, karbohidrat sederhana, gula, dan alkohol.

Masing-masing makanan ini juga bisa memberi kontribusi pada penambahan berat badan. Berat badan dan obesitas dikaitkan dengan psoriasis dan orang gemuk memiliki peningkatan risiko psoriasis dan PsA.

Kehilangan berat badan melalui diet dan olahraga telah terbukti mengurangi keseluruhan peradangan serta gejala psoriasis dan PsA. Namun, sebuah tinjauan baru-baru ini menunjukkan bahwa keseluruhan bukti yang mendukung hal ini terbatas.

Makanan yang harus dihindari orang dengan PsA meliputi:

  • Minuman bergula dan soda
  • Roti putih, nasi putih, dan produk roti olahan atau lainnya yang diperkaya
  • Kue, kue, dan makanan ringan kemasan
  • Daging olahan seperti bacon, sosis, dan hot dog
  • Permen
  • gorengan
  • Alkohol, terutama minuman dengan gula

Menjaga kesehatan usus

Kesehatan usus memainkan peran besar dalam kesehatan secara keseluruhan, termasuk sistem kekebalan tubuh, metabolisme, dan berat badan. Bakteri di usus berperan penting dalam memastikan tubuh bekerja sebagaimana mestinya.

Ada sejumlah besar sel bakteri di dalam tubuh manusia. Diet secara langsung mempengaruhi komunitas sel yang penting ini.

Sebuah studi yang diterbitkan di Arthritis & Rheumatology membandingkan bakteri usus orang sehat dengan mereka yang menderita PsA. Para penulis menemukan bahwa orang dengan psoriasis dan PsA memiliki bakteri usus yang kurang beragam dibandingkan orang sehat.

Beberapa jenis bakteri sehat yang diidentifikasi lebih rendah pada orang dengan PsA juga ditemukan rendah pada orang dengan penyakit radang usus besar seperti penyakit Crohn.

Saat orang makan makanan seperti roti putih dan karbohidrat sederhana lainnya, ini cepat dicerna. Ini berarti bahwa mereka bahkan tidak sampai ke akhir sistem pencernaan dimana bakteri menguntungkan hidup. Jika seseorang mengonsumsi makanan dengan serat rendah, pada dasarnya mereka kelaparan akan bakteri yang menyengat itu.

Tanda-tanda bahwa seseorang mungkin memiliki bakteri usus yang tidak sehat atau tidak seimbang:

  • Sembelit kronis atau diare
  • Sakit beberapa kali dalam setahun atau gejala yang berkepanjangan
  • Penggunaan antibiotik terbaru
  • Kondisi autoimun

Makanan untuk dimakan untuk meningkatkan kesehatan usus meliputi:

Sayuran dan buah-buahan: Mendapatkan serat dari berbagai makanan nabati membantu menjaga dan memberi makan keragaman bakteri di usus.

Makanan fermentasi: Kimchi, kefir, kombucha, asinan kubis, dan miso mengandung bakteri menguntungkan.

Kacang dan kacang polong: Serat, kacang-kacangan dan kacang polong yang tinggi juga memberi makan bakteri usus sehat.

Probiotik

Orang dengan PsA mungkin juga ingin mulai mengkonsumsi probiotik untuk membantu meningkatkan bakteri usus mereka. Strain bakteri yang berbeda memiliki pekerjaan yang berbeda, sehingga orang harus menemukan probiotik yang mengandung banyak strain yang berbeda.

Seseorang mungkin juga ingin menemukan probiotik yang memiliki ketegangan khusus dengan kebutuhan mereka. Orang dengan PsA harus berbicara dengan dokter atau ahli diet terdaftar untuk menemukan probiotik yang sesuai.

Baca Juga :