manfaat daun sirsak

manfaat daun sirsak

Kolesterol, memang Anda telah mendengar dengan sangat baik tentang penyakit jenis ini, penyakit kolesterol ini telah melanda banyak orang di masyarakat luas, terutama mereka yang memiliki gaya hidup tidak sehat. Penyakit ini ditandai dengan kandungan kolesterol dalam tubuh yang masuk dalam kategori tinggi.

Kolesterol pada dasarnya memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh kita. Kolesterol atau obat-obatan yang sering dikenal secara medis sebagai lipoprotein dibawa ke dalam darah oleh zat protein dari makanan yang kita konsumsi. Cholestrol sendiri sebenarnya terbagi dua.

Kolesterol baik

Ini adalah jenis kolesterol pelindung atau lipoprotein. Bahan lipoprotein yang dikenal sebagai HDL memiliki fungsi mengangkut kolesterol – kolesterol dari sel-sel tubuh dan mengembalikannya ke hati. Setelah itu, kolesterol yang masuk ke jantung dihancurkan.

Kolesterol jahat

Kolesterol jahat adalah jenis kolesterol yang berbahaya bagi tubuh kita jika berlebihan. Kolesterol, juga dikenal sebagai LDL, berfungsi untuk mengangkut kolesterol dari hati ke sel-sel tubuh yang membutuhkannya. Jika zat ini terlalu banyak di dalam tubuh, LDL dapat mengendap di dinding arteri dan menyebabkan berbagai jenis penyakit.

Apa batasan yang biasa pada kandungan kolesterol yang cocok untuk tubuh kita?

Secara umum, jika kadar kolesterol dalam tubuh berada di kisaran 160 hingga 200 mg, kita dapat mengklasifikasikan kadar kolesterol dalam tubuh kita seperti normal menjadi sangat tinggi. Bahkan jika kandungan kolesterol dalam tubuh melebihi 240 mg dan mencapai 500 mg, Anda dikategorikan memiliki kolesterol berlebihan dan itu sangat berbahaya.

Apa risiko hiperkolesterolemia?

Kandungan kolesterol yang tinggi dalam tubuh tentu saja sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Ada banyak efek samping dan bahaya yang sangat buruk karena tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Apa risiko dan efek buruk dari tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh? Di bawah ini adalah risiko kolesterol tinggi dalam tubuh:

Penyakit kronis

Karena tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh, Anda akan berisiko tinggi terkena berbagai jenis penyakit – tentunya penyakit kronis yang sangat berbahaya bagi tubuh Anda. Berikut adalah beberapa penyakit kronis yang dapat terjadi karena kadar kolesterol tinggi dalam tubuh Anda:

jantung
encok
pukulan
Diabetes mellitus

Kekurangan oksigen

Kolesterol tinggi dalam tubuh mempengaruhi suplai oksigen dalam tubuh, dan yang terpenting suplai oksigen ke otak. Ketika pasokan oksigen ke seluruh tubuh atau bagian otak berkurang, ada beberapa kemungkinan berikut.

Cepat lelah
ngantuk
Kurangi konsentrasi
sesak napas
Nyeri leher yang parah
Sakit bahu

Obstruksi arteri

Oklusi vaskular juga merupakan salah satu efek buruk dari konsentrasi kolesterol tinggi dalam tubuh. Penyumbatan pembuluh darah dapat menyebabkan banyak hal termasuk:

serangan jantung
anemia

Untuk menggaruk
Pegunungan lemak

Apa penyebab kolesterol tinggi dalam tubuh?

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Di bawah ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

  • Gen atau keturunan
    usia
    diet
    Tembakau
    alkohol
    menekankan
    Kurang olahraga
    Diabetes mellitus

Bagaimana cara mengatasi kolesterol tinggi?

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gejala kolesterol tinggi di dalam tubuh. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kadar kolesterol tinggi dalam tubuh:

Perbaiki pola makan dan gaya hidup
Untuk berolahraga dengan baik
Minum air
Hindari makanan yang mengandung kolesterol jahat
Asupan makanan alami itu bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

baca juga :