Manfaat Membacakan Dongeng guna Anak

Manfaat Membacakan Dongeng guna Anak

Mumpung belum terlambat, yuk bacakan dongeng guna anak, namun sebelumnya ketahui dulu 7 manfaatnya:

1. Meningkatkan Kemampuan Berbicara

Salah satu guna membacakan dongeng guna sang buah hati yaitu menolong mereka belajar teknik berkomunikasi yang baik. Cara ini pun terbilang efektif guna mengajarkan anak menyampaikan kosakata secara tepat, terutama untuk si kecil yang masih belum dapat melafalkan kata demi kata.

2. Menanamkan Sifat Baik

Semua anak di dunia tentu suka memperhatikan cerita. Mereka suka menggali tahu karakter kesayangan mereka dan sering menirukannya supaya terlihat serupa. Apabila Ayah Bunda membacakan dongeng yang tokohnya mempunyai sifat-sifat terpuji, anak kita niscaya bakal meneladaninya. Kalaupun dongeng itu menitikberatkan pada jalan ceritanya yang sarat pesan moral, bukan figur ceritanya, sifat-sifat baik tetap ditanamkan dalam dirinya.

3. Meningkatkan Daya Ingat Anak

Manfaat membacakan dongeng selanjutnya ialah meningkatkan daya ingat anak. Misalnya, malam ini kita membacakan dongeng guna si kecil. Beberapa hari selanjutnya, kita meminta si kecil guna mendeskripsikan kisah yang sudah Anda bacakan. Cara ini juga lumayan efektif guna meningkatkan keterampilan berkonsentrasi.

4. Meningkatkan Keahlian Dalam Mendengarkan

Sebagian anak barangkali tidak dapat berkonsentrasi dalam masa-masa lama. Ujung-ujungnya, mereka lebih suka berkata daripada memperhatikan orang lain. Apabila Ayah Bunda terbiasa membacakan dongeng guna anak, mereka juga akan dilazimi untuk mendengar, bahkan menyimak dan memahami. Hal itu dapat menolong sang buah hati guna lebih konsentrasi terhadap sesuatu.

5. Memperluas Wawasan Anak

Manfaat membacakan dongeng selanjutnya ialah memperluas wawasan mereka. Dongeng akan menyerahkan mereka cerminan mengenai tempat-tempat yang terdapat di sekian banyak belahan dunia, serta kebiasaan yang dimilikinya.

6. Membantu Anak Belajar

Anak Anda barangkali belum menginjak usia sekolah, namun siapa yang menyangka bila membacakan dongeng dapat menjadi batu loncatan baginya. Dengan membacakan dongeng secara rutin, proses belajar anak pun bakal terbantu. Dia bakal lebih mudah mengetahui dan menilik pelajaran.

7. Menumbuhkan Cinta Membaca Pada Anak

Saat kita membacakan dongeng guna anak, secara otomatis sang buah hati termotivasi untuk menyimak lebih tidak sedikit buku. Dia haus dengan cerita-cerita yang baru dan lebih menarik. Berawal dari situlah, minat bacanya terus tumbuh. Semakin tidak sedikit membaca, wawasannya bakal semakin luas dan daya pikirnya semakin kritis.

Sumber : http://www.rkdms.com/redirect?c=433716521&d=50002312&en=1&cl=250&u=http%3A//www.pelajaran.co.id