Manfaat Ubi Ungu Untuk Tubuh

Jika Anda adalah penggemar ubi jalar, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan ubi ungu dan bersiaplah untuk menjadi penggemar makanan ini. Alasannya, ubi ungu memiliki konsistensi yang lembut, rasa yang sah dan manis. Selain lezat, ubi ungu juga kaya akan nutrisi dan mineral yang baik untuk tubuh.

Manfaat Ubi Ungu Untuk Tubuh

Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, ubi jalar ungu harus dimasukkan dalam daftar diet. Temukan manfaat ubi ungu di bawah ini.


Berdasarkan penelitian, ubi jalar ungu dapat membantu Anda menurunkan berat badan

Sebuah studi yang dilakukan pada tikus dan diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food menemukan bahwa ekstrak violet yam mampu mengurangi sel-sel lemak. Namun, belum diketahui apakah ubi ungu menawarkan manfaat mengurangi berat yang sama bagi manusia atau tidak. Karena itulah diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan manfaat ubi ungu untuk menurunkan berat badan.

Meskipun penelitian tentang manfaat kentang ungu untuk menurunkan berat badan masih dalam masa pertumbuhan, ada beberapa hal yang membuat makanan ini cocok untuk dikonsumsi jika Anda mengikuti program penurunan berat badan.

Manfaat ubi ungu ungu untuk menurunkan berat badan

1. Kaya serat

Ubi ungu yang masih lengkap dengan kulitnya adalah salah satu makanan yang kaya serat. Bahkan dibandingkan dengan kentang, ubi jalar ungu lebih kaya serat.

Dalam ubi jalar ungu berukuran sedang mengandung 4 gram serat. Kuantitas ini telah memenuhi 15% dari nilai asupan serat harian. Sementara dalam kentang berukuran sedang hanya mengandung 2 gram serat atau 9% dari nilai asupan serat harian.

Kandungan serat ubi ungu yang tinggi dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Karena serat membuat Anda merasa kenyang setelah makan dan menjaga nafsu makan.

Ubi jalar murni juga mengandung beberapa jenis serat yang disebut pati resisten. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Biomedical and Environmental Science, diet kaya pati resisten membantu mengurangi risiko obesitas.

Selain itu, asupan serat yang memadai juga dapat menjaga kadar kolesterol rendah, melindungi diri dari penyakit kardiovaskular dan mengurangi risiko peningkatan kadar gula darah.
2. Mengandung karbohidrat kompleks

Dalam ubi jalar ungu berukuran sedang mengandung 28 gram karbohidrat kompleks. Sepintas sepertinya tidak terlalu berguna untuk menurunkan berat badan. Tetapi karena sedikit kalori dan nutrisi tinggi, ubi ungu dapat memberi Anda dorongan energi ekstra yang membuat Anda membakar lebih banyak kalori di antara waktu makan.

Selain itu, kandungan karbohidrat sehat ini juga membantu otak untuk menghasilkan glukosa, yang dapat mempertahankan konsentrasi dan membuat Anda berkonsentrasi. Tentu saja, ini penting bagi Anda sehingga Anda bisa fokus pada diet Anda.
3. Membantu mengontrol gula darah

Warna ungu dari benang ungu berasal dari senyawa yang disebut anthocyanin, yang dikenal memiliki sifat antioksidan kuat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutritional Biokimia menemukan bahwa kandungan antosianin dalam ubi jalar ungu membantu menekan lonjakan gula darah setelah makan karena resistensi insulin. Ini membuat ubi ungu memiliki keuntungan membantu mengelola kadar glukosa darah dan berpotensi mengurangi komplikasi diabetes.

Baca juga :