Mengapa lutut bisa panas seolah-olah terbakar ?

Lutut adalah salah satu sendi yang paling aktif. Karena itu, jika tiba-tiba Anda merasa tidak nyaman ketika menggerakkan lutut, Anda harus waspada. Apalagi ketika lutut terlihat panas seolah sedang terbakar, tentu saja kondisi ini akan mencuri semua kebiasaan harian Anda. Sebelum terlambat, kenali cara merawat lutut Anda yang terbakar melalui ulasan berikut.

Mengapa lutut bisa panas seolah-olah terbakar?

Nyeri lutut sebenarnya bisa datang dalam berbagai bentuk. Entah itu hanya sakit biasa, sakit saat ditekuk, sakit saat

berjalan, hingga rasa sakit yang membakar lutut. Bahkan sensasi panas dapat menyerang area lutut mana pun, seperti depan, belakang, kanan dan kiri, atau seluruhnya.

Sebaiknya jangan diremehkan, karena gangguan lutut dan rasa terbakar bisa menjadi tanda masalah pada organ-organ gerakan Anda. Jika kondisi ini terjadi, kemungkinan disebabkan oleh beberapa hal seperti:

  • Ligamen ligamen lutut
    Tulang rentan terhadap air mata
    Kerusakan serius
    Osteoartritis lutut (radang sendi lutut)
    Kadang-kadang, penampilan terbakar di depan lutut juga dapat disebabkan oleh sindrom nyeri patellofemoral (PFS) dan chondromalacia, yang berarti nyeri patela. Kondisi ini lebih dikenal sebagai lutut pelari, karena dialami oleh banyak orang yang berlatih olahraga seperti bola basket, sepak bola, lari atau tenis.

Sementara lutut terasa panas dan terbakar di bagian luar, itu biasanya karena serangan sindrom iliotibial fascia (ITBS). Dalam beberapa kasus, lutut akan terasa lebih tidak nyaman ketika bergerak di malam hari. Beberapa hal berikut mungkin menjadi alasan utama:

Diameter pembuluh darah meningkat selama tidur, memberikan tekanan kuat pada saraf.
Jumlah sejumlah hormon dalam tubuh berkurang selama tidur, yang karenanya memberikan peluang bagi sinyal untuk memunculkan rasa sakit.
sakit lutut

Bagaimana Anda mengelola kondisi lutut yang panas?
Meskipun berbagai penyebab yang disebutkan sebelumnya menyebabkan kedua gejala seperti lutut, perawatannya tentu berbeda tergantung pada penyebabnya.

Ligamen lutut robek
Kerusakan pada ligamen lutut yang hanya sebagian, atau tidak sepenuhnya, dapat diobati dengan latihan otot rutin, menggunakan pelindung lutut selama latihan dan membatasi aktivitas yang cenderung memperburuk kondisi ligamen lutut.

Jika lesi pada ligamen lutut terjadi di semua bagian, prosedur bedah adalah cara terbaik untuk mengobatinya.

Tulang rawan robek
Tahap pertama terdiri dari merawat permukaan sendi lutut yang rusak akibat robeknya tulang rawan, atau dengan cara teknik non-bedah, termasuk:

Lakukan pelatihan untuk kekuatan otot dan terapi fisik
Minum obat penghilang rasa sakit, seperti obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID)
Injeksi (injeksi) hormon steroid ke dalam lutut
Sebaliknya, kondisi tulang rawan robek yang sudah tergolong parah sehingga sulit diperbaiki dengan metode di atas, bisa memilih prosedur bedah.

Osteoartritis lutut
Osteoartritis lutut sebenarnya cukup sulit disembuhkan. Metode perawatan terbaik adalah dengan melakukan sejumlah hal, seperti:

Ambil obat penghilang rasa sakit seperti acetaminophen (Tylenol), ibuprofen (Advil, Motrin IB) dan naproxen sodium (Aleve)
Terapi fisik
Memberikan suntikan kortison
Operasi penggantian sendi (artroplasti)
chondromalacia
Perawatan awal untuk menangani lutut terasa panas dan terbakar karena kondromalasia, termasuk:

Gunakan es untuk meredakan pembengkakan
Minum obat penghilang rasa sakit
Istirahatkan lutut Anda menghindari gerakan berlebihan, berjongkok dan berlutut
Dalam beberapa kasus, dokter dapat merekomendasikan operasi arthroscopic. Arthroscopy adalah prosedur bedah untuk mengangkat fragmen tulang rawan yang rusak.

Sindrom nyeri patellofemoral (PFS)
Jika kondisinya ringan, pengobatan untuk PFS dapat dilakukan dengan:

Istirahatkan lutut Anda dari terlalu banyak gerakan dan hindari menaiki tangga dan berlutut
Minum obat penghilang rasa sakit
Latihan rehabilitasi
Lakukan operasi arthroscopic untuk kasus yang parah
Sindrom Fascialiotibiale (ITBS)
Meskipun sampai sekarang belum ada pengobatan yang benar-benar efektif untuk ITBS, penderita biasanya diundang untuk melakukan perawatan seperti:

Hindari atau bahkan berhenti berlari
Pijat paha anterior, posterior dan gluteus (otot di pantat)
Latih pantat dan kekuatan otot area pinggul

Baca juga: