Mewujudkan Kerja Sama dalam Berbagai Lingkungan Kehidupan

Mewujudkan Kerja Sama dalam Berbagai Lingkungan Kehidupan

Mewujudkan Kerja Sama dalam Berbagai Lingkungan Kehidupan

Mewujudkan Kerja Sama dalam Berbagai Lingkungan Kehidupan

1. Kerja sama dalam kehidupan keluarga

Keluarga merupakan lingkungan pertama & lingkungan yang paling efektif untuk menanamkan nilai-nilai, termasuk kerja sama. Dalam keluarga, setiap orang mempunyai kedudukan & peran masing-masing. Misal; Ayah adalah kepala keluarga, ia bertugas mencari nafkah. Selain itu Ayah juga adalah pemimpin keluarga yang bertugas mengarahkan semua anggota keluarga agar menjadi baik. Dalam menjalankan tugasnya, Ayah dibantu oleh Ibu. Ibu bertugas mengatur rumah & menjaga serta mendidik anak-anak. Dalam mengatur rumah, tentu ibu tidak bekerja sendirian, melainkan dibantu oleh anggota keluarga lainnya. Anak-anak harus membantu ibu mengerjakan pekerjaan rumah, seperti menyapu, menyiram tanaman, dll.

2. Kerja sama dalam kehidupan sekolah

Kerja sama di sekolah didasarkan rasa saling membantu & saling menyayangi. Mulai kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dewan guru, staf, komite sekolah, & tentu saja para siswa saling membantu & saling menyayangi. Kerja sama di sekolah tentu sangat diperlukan karena kegiatan di sekolah tidak akan berjalan jika komponen-komponen yang berada di sekolah tidak bekerja sama antara satu & yang lain. Misal;
  • Kepala sekolah bertugas memimpin sekolah & membuat program-program sekolah.
  • Guru bertugas mendidik anak-anak & menjalankan program-program yang telah ditetapkan.
  • Penjaga sekolah bertanggungjawab menjaga kebersihan & bersama-sama satpam menjaga keamanan sekolah.
  • Para siswa selain berkewajiban belajar dengan sungguh-sungguh, juga harus ikut serta memelihara lingkungan sekolah & menaati peraturan & tata tertib yang berlaku di sekolah. (https://bandarlampungkota.go.id/blog/pancasila-sebagai-dasar-negara/)
  • Cara menumbuhkan semangat kerja sama di lingkungan sekolah, dapat dilaksanakan, dengan cara berikut;
  • Berpartisipasi secara aktif menyusun & melaksanakan aturan sekolah.
  • Laksanaan aturan sekolah. Peraturan sekolah apabila ditaati akan membentuk sekolah itu menjadi sekolah yang tertib.
  • Tentukan & raih tujuan bersama. Semua sekolah memiliki visi & misi. Sebagai tujuan bersama sebuah sekolah yang disusun & ingin diraih oleh warga sekolah. Visi & Misi sekolah hendaknya diketahui semua warga sekolah & semua warga sekolah mengetahui tugas & bertanggungjawab untuk mencapai tujuan bersama itu.
  • Selalu bekerja sama. Jangan memandang rendah peserta didik lain sehingga tidak pernah diajak kerja sama. Mungkin saja peserta didik yang pendiam memiliki banyak ide & gagasan.
  • Tidak membuat masalah, di kelas terkadang ada saja sumber konflik misalnya peserta didik yang malas mengerjakan tugas piket. Sumber konflik perlu dicegah agar tidak meruncing & merusak suasana kelas.
  • Saling menghargai & memberikan penghargaan. Kehidupan di sekolah akan semakin baik jika seluruh peserta didik dapat saling menghargai. Memberikan penghargaan seperti dengan mengucapkan terima kasih maupuun memuji teman akan meningkatkan rasa pertemanan di sekolah.
  • Saling percaya. Jika kepercayaan antar peserta didik hilang, sulit terbentuknya kerja sama. Membiarkan situasi yang saling tidak percaya antar peserta didik dapat memicu konflik.

3. Kerja sama dalam kehidupan masyarakat

Dalam lingkungan masyarakat, banyak sekali kegiatan yang memerlukan kerja sama, seperti dapat berupa kerja bakti membersihkan lingkungan, bersama-sama membangun jalan & jembatan, kegiatan ronda malam. Hingga kegiatan kerja bakti perayaan-perayaan hari besar nasional. Demikian  juga, apabila terjadi masalah, seperti bencana alam/minimnya sarana sosial (dalam bidang pendidikan, perhubungan, ekonomi, dll) masyarakat dapat bekerja sama mengupayakan berbagai bantuan. Berbagai persoalan itu dapat diupayakan penyelesaiannya melalui kerja sama yang menjadi tradisi dalam masyarakat kita, seperti musyawarah/gotong royong. Mereka tidak hanya mandiri dalam mengupayakan kemajuan bersama, namun juga turut terlibat secara aktif untuk menyelesaikan berbagai masalah sosial.

4. Kerja sama dalam kehidupan berbangsa & bernegara

Mewujudkan kerja sama antar sesama warga negara dalam kehidupan berbangsa & bernegara dapat dilakukan dengan cara;
  • Berperan aktif dalam mendukung pelaksanaan program-program dari pemerintah,
  • Warga negara bekerja sama dengan pemerintah dalam pembangunan dengan membayar pajak,
  • Menyelenggarakan peringatan hari besar keagamaan & hari besar nasional yang di atur oleh  pemerintah.