Pemkab Bandung Barat Tambah Kuota Beasiswa

Pemkab Bandung Barat Tambah Kuota Beasiswa

Pemkab Bandung Barat Tambah Kuota Beasiswa

Pemkab Bandung Barat Tambah Kuota Beasiswa

NGAMPRAH – Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung Barat menambah jumlah kuota beasiswa

bagi siswa-siswi lulusan SMA di Kabupaten Bandung Barat untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi negeri (PTN). Tahun lalu, kuota beasiswa berjumlah 50 orang, namun di tahun 2016 ini bertambah 25 orang menjadi total 75 orang.

Kepala Bidang Pendidikan SMA pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung Barat Hasanudin mengungkapkan, pihaknya memberikan kesempatan kembali kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bandung Barat yang ingin melanjutkan untuk berkuliah. ’’Kuota beasiswa ke PTN hanya bertambah 25 orang jadi totalnya menjadi 75 orang,” kata Hasanudin kepada wartawan, kemarin.

Beasiswa yang merupakan turunan dari program Bapaku ini, lanjut dia, diperuntukan bagi siswa berprestasi

di Kabupaten Bandung Barat, yang tidak mampu untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dengan alasan ekonomi. ’’Ya ini memang untuk siswa berprestasi yang tidak mampu untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Makanya kita bantu dengan beasiswa ini,” ujarnya.

Adapun besaran nilai beasiswa itu rata-rata Rp 50 sampai Rp 75 juta per orang hingga lulus (4 tahun). Uang sebesar itu digunakan untuk biaya pendidikan dan biaya hidup selama siswa tersebut berkuliah di PTN yang sudah ditetapkan oleh pemkab. Yakni Universitas Islam Negeri (UIN), Universitas Padjadjaran (Unpad), ITB, IPB dan Politeknik Negeri Bandung (Polban). ’’Setiap orang berbeda-beda, tergantung biaya perkuliahan di PTN masing-masing,” ungkapnya.

Dia berharap, jumlah kuota beasiswa tahun depan bisa bertambah lagi. Meski mulai tahun depan

pengelolaannya beasiswa tersebut akan diserahkan ke Sekretariat Disdikpora KBB. Namun dia menjamin beasiswa ini akan terus dikeluarkan oleh Pemkab Bandung Barat.

’’Kita harapkan biaya kuliah juga tidak naik tinggi sehingga kami bisa memberikan anggaran setiap tahunnya dan bisa menambah kuota lebih dari ini,’’ tandasnya. (drx/vil)

 

Baca Juga :