Pengertian Algoritma Pemrograman dan Contoh

Algoritma Pemograman

Bahasa pemrograman sedang dipelajari dengan cepat oleh banyak orang. Hal ini terkait dengan kemajuan zaman yang menjadikan teknologi sebagai hal penting untuk mendukung kemajuan. Bagi para pembaca yang ingin belajar bahasa pemrograman, hal dasar yang harus mereka pahami adalah algoritma pemrograman. Untuk memahami apa itu algoritma pemrograman, silakan merujuk ke diskusi di bawah ini.

algoritma-mahasiswa

Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma adalah urutan atau langkah untuk perhitungan atau secara berurutan untuk menyelesaikan masalah tertulis. Oleh karena itu,

algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.

Dalam pemrograman, hal yang penting untuk dipahami adalah bahwa ada logika dalam berpikir tentang bagaimana menyelesaikan masalah pemrograman. Sebagai contoh, banyak masalah matematika yang mudah jika dilakukan secara tertulis, tetapi jika kita menerjemahkan ke dalam pemrograman maka itu sangat sulit. Dalam hal ini, algoritma dan logika pemrograman akan sangat penting dalam menyelesaikan masalah.

Untuk contoh algoritma dalam matematika yang diberikan di bawah ini:

contoh algoritma dalam matematika

Meskipun algoritma adalah jantung dari ilmu komputer atau ilmu informasi, tetapi jangan menganggap bahwa algoritma selalu mirip dengan ilmu komputer. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak proses diekspresikan dalam suatu algoritma. Misalnya, cara memasak mie, cara membuat kue dan lainnya.

Jika kami membuat algoritme, maka memasak mie akan diberikan di bawah ini:

  • Siapkan 1 bungkus mie instan, 400 ml air (2 gelas), wajan, mangkuk, sendok dan garpu
  • Masukkan 400 ml air ke dalam wajan
  • Masak airnya
  • Tunggu sampai mendidih
  • Masukkan mie ke dalam wajan dengan air mendidih
  • Tunggu 3 menit dan kocok
  • Jika sudah matang, maka masukkan bumbu
  • Campur dengan baik
  • Sajikan mie

Presentasi algoritma dapat secara luas dibagi menjadi dua bentuk presentasi, yaitu menulis dan menggambar. Algoritma yang dikirimkan dengan tulisan menggunakan beberapa struktur bahasa (misalnya Bahasa Indonesia atau Inggris) dan pseudocode. Pseudocode adalah kode yang mirip dengan kode pemrograman aktual seperti Pascal, atau C, sehingga disarankan untuk menggunakannya untuk menggambarkan algoritma yang diberitahukan kepada programmer.

Ada diagram alur untuk algoritma yang disajikan dengan gambar. Flocortart adalah bagan yang menunjukkan aliran atau proses sistem secara logis dalam program. Flocort digunakan untuk alat bantu komunikasi dan dokumentasi.

Sumber : Https://www.videomax.co