PENGERTIAN COORDINATING CONJUNCTION DAN CONTOH KALIMATNYA

PENGERTIAN COORDINATING CONJUNCTION DAN CONTOH KALIMATNYA

 

PENGERTIAN COORDINATING CONJUNCTION DAN CONTOH KALIMATNYA

COORDINATING CONJUNCTION

Hallo semuanya, sebelumnya kita sudah menyelesaikan pembahasan mengenai salah satu part of speech yaitu adverb, anda bisa membacanya sendiri. Parts of speech dalam bahasa inggris ada 8 macam yang dimana disetiap bagian memiliki peranan masing-masing. Salah satunya adalah conjunction. Conjunction atau dalam bahasa indonesia kita menyebutnya sebagai kata penghung.

CONTOH KALIMATNYA

Conjunction di bagi menjadi 4 yaitu; Correlative Conjunction, Subordinating Conjunction, Conjunctive Adverb dan yang akan kita bahas kali ini yaitu; coordinating conjunction. Apa itu coordinating conjunction? Untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Coordinating Conjunction

Coordinating Conjunction adalah sebuah conjunction (kata penghubung) yang digunakan untuk menghubungkan dua item yang sama dalam kalimat misalnya; word(kata), phrase(frasa), clause(clausa), sentence(kalimat), namun ke dua item yang digabungkan tersebut harus memiliki keterkaitan satu sama lain. Conjunction satu ini juga sering digunakan untuk menggabungkan independent caluse. Dan coordinating conjunction antara lain; for, and, nor, but, or, yet, so, agar lebih mudah mengingat jenis-jenis coordinating conjunction, singkat saja menjadi FUNBOYS.

  1. F = For
  2. A = and
  3. N = nor
  4. B = but
  5. O = or
  6. Y = yet
  7. S = so

Contoh Kalimat Coordinating Conjunction

Agar lebih mudah memahami coordinating conjunction silahkan anda lihat tabel contoh penggunaan FANBOYS coordinating conjunction berikut ini.

Nah itulah tadi pembahasan materi tentang pengertian dan contoh kalimat coordinating conjunction, semoga bermanfaat. Silahkan berkomentar di bawah jika ada yang ingin ditanyakan atau kurang paham dengan materi yang di sampaikan di atas. Dan Mohon maaf dan koreksinya juga bila ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan materi. Terima kasih.

 

Sumber : https://www.sekolahbahasainggris.com/