PENGERTIAN DEMOKRASI PANCASILA

PENGERTIAN DEMOKRASI PANCASILA

PENGERTIAN DEMOKRASI PANCASILA

Sebelum mengulas secara lebih jauh

mengenai sistem ini, penting untuk memahami apa itu demokrasi Pancasila. Demorkasi Pancasila merupakan sebuah sistem dalam demokrasi yang di dalamnya menganut konstitusi dan sejalan dengan mekanisme kadaulatan rakyat. Sehingga, rakyat memiliki andil di dalam menyelenggarakan dan mengambil keputusan atas sebuah Negara.

Ada beberapa pendapat dari para ahli mengenai pengertian demokrasi Pancasila itu sendiri. Di antaranya adalah pendapat dari Prof. Notonegoro bahwa demokrasi Pancasila adalah suatu sistem di dalam kerakyatan yang dipimpin dengan penuh kebijaksanaan di dalam permusyawaratan ataupun perwakilan. Demokasi ini juga menuhankan Tuhan Yang Maha Esa serta berkemusiaan yang adil dan beradab.

Sementara di dalam Ensiklopedia Indonesia dijelaskan bahwa demokrasi Pancasila merupakan sistem Demokrasi dimana Pancasila mencakup berbagai sektor kehidupan mulai dari kehidupan sosial, politik dan ekonomi. Demokrasi ini juga sangat berhubungan dengan upaya penyelesaian masalah-masalah secara nasional dengan mengedepankan musyawarah sehingga tercapai suatu mufakat.

Di samping itu, ada juga pandangan dari Profesor Dardji Darmo Diharjo bahwa demokrasi Pancasila adalah sebuah paham mengenai demokrasi yang sumbernya adalah dari falsafah kehidupan dan kepribadian dari bangsa Indonesia itu sendiri. Adapun perwujudan dari demokrasi Pancasila ini adalah berupa berbagai aturan perundang-undangan yang ada pada pembukaan UUD 1945.


Sumber: https://www.tawakaltourtravel.co.id/driving-quest-apk/