Pengertian Dropbox serta Fungsi, Tujuan dan Manfaatnya

Dropbox –

Dropbox adalah layanan cloud untuk penyimpanan file dan salah satu saran untuk sinkronisasi lintas perangkat. Secara umum, file data yang diunggah atau disimpan dalam kotak khusus dapat digunakan sebagai gambar, video, dokumen, program aplikasi, dll. File memiliki format. Layanan ini membuat fitur keamanan data lebih mudah bagi Anda. Karena dimungkinkan untuk mengakses data dari mana saja dan menyimpannya di perangkat yang berbeda.

Pengguna sering menggunakan banyak login ketika mencoba untuk menyimpan berbagai jenis file dengan layanan kotak surat khusus ini. Salah satu cara paling populer untuk menggunakan layanan Dropbox adalah situs web dropbox.com karena memungkinkan Anda untuk mengunggah atau mengunduh file data saat Anda mengunjungi situs web. Cara termudah untuk mengunggah file data ke penyimpanan cloud adalah dengan menarik dan melepaskan file ke lokasi di situs web Dropbox.

Jadwal Dropbox

Pengertian Dropbox

Berbicara tentang flash drive, perangkat penyimpanan portabel juga sangat terlibat dalam kelahiran awal Dropbox. Pada waktu itu, pada bulan Desember 2006, Dropbox Drew Houston adalah pendiri dan programmer yang melakukan perjalanan dengan bus dari Boston ke New York.

Selama perjalanan empat jam, Drew berencana untuk bekerja dengan laptop-nya. Apesnya lupa membawa stik USB yang berisi semua yang sebenarnya dia butuhkan. Ini adalah pertama kalinya Drew tidak mengalami kecelakaan seperti itu, tetapi penemunya memutuskan bahwa sudah waktunya untuk mengakhirinya.

Dari sana, ia mulai mengembangkan teknologi untuk menyinkronkan file melalui Internet. Empat bulan kemudian, Drew mempresentasikan idenya untuk inkubator Y Combinator. Dropbox Inc. secara resmi didirikan pada Juni 2007 dan tak lama kemudian Drew dan salah satu pendiri Arash Ferdowsi mendapatkan pembiayaan Y-Combinator $ 15.000 pertama.

Perjalanan Dropbox tidak sepenuhnya mulus. Dalam kasus pertama, domain dropbox.com hanya dapat digunakan pada Oktober 2009. Anda harus menggunakan domain Getdropbox.com selama sekitar dua tahun, tidak sulit untuk diingat, tetapi mereka yang baru saja mendengar tentang pengguna Dropbox harus mengetikkan “dropbox.com” di browser mereka.

Baru pada Desember 2009, almarhum Steve Jobs menawarkan untuk membeli Dropbox sebagai mahar untuk menyentuh angka sembilan digit. Pada saat itu, Jobs mengklaim bahwa Dropbox hanya fitur dan menganggap bahwa Dropbox hanya bisa menjadi produk jika itu milik Apple.

Cara menggunakan Dropbox

Setelah instalasi berhasil, Anda dapat menambahkan folder dan membaginya dengan teman-teman Anda tanpa harus melalui langkah-langkah rumit. Yang harus kami lakukan adalah mengunggah email / nama pengguna teman Anda ke folder kami sehingga file yang kami simpan di folder itu secara otomatis disimpan di komputer teman Anda. Misalkan teman Anda menggunakannya dan terhubung ke Internet.

Masuk ke situs web Dropbox untuk berbagi folder. Di sana Anda kemudian membuat folder yang secara otomatis terletak di komputer Anda dan yang digunakannya. Klik kanan pada folder dan berbagai opsi akan muncul. Pilih Opsi Folder Bersama. Masukkan alamat email teman Anda dan Anda akan disinkronkan dengan teman-teman Anda setelah konfirmasi.

Bagaimana Anda bisa berbagi file tanpa berbagi folder seperti Mediafire? Sangat bagus bahwa Dropbox dapat melakukan ini tanpa masuk, mengunggah, dan menyalin tautan. Dan ketika Anda mengunduh sesuatu, Anda dapat langsung mengunduhnya. Caranya adalah kita meletakkan file kita di folder bersama. Kemudian klik kanan file yang disimpan dan pilih Dropbox> Salin Tautan Publik.

Dengan menyimpan file kita di Dropbox, kita tidak perlu lagi khawatir jika hard drive kita tiba-tiba gagal. Dropbox menjamin bahwa file yang disimpan aman. Jika file yang Anda simpan tidak sengaja terhapus, yang terbaik adalah menggunakan fungsi Undo.

Bagaimana cara saya menginstal Dropbox?

  1. Klik dua kali aplikasi Dropbox yang Anda unduh sebelumnya.
  2. Pilih bagian “Saya sudah punya akun Dropbox” karena kami sudah terdaftar.
  3. Masuk dengan akun yang Anda buat sebelumnya.
  4. Instal seperti biasa dan simpan di C atau pilih “Setel Dropbox secara normal dengan pengaturan normal”.
  5. Penyiapan selesai.

Sumberruangguru.co