Pengertian Ekonometrika Menurut Para Ahli

Pengertian Ekonometrika Menurut Para Ahli

Pengertian Ekonometrika Menurut Para Ahli

Menurut J Scumpeter

Ekonometrika merupakan aplikasi dari metode spesifik dalam ilmu ekonomi “disegala bidang” yang berusaha untuk memperoleh hasil dalam rangka “numerical result” dan membuktikan “verification” teori-teori ekonomi.

Menurut Jan Tinbergen

Ekonometrika merupakan sebagai pengamatan statistik terhadap konsep-konsep yang dihasilkan secara teoritas atau dapat dikatakan sebagai ilmu ekonomi matematik yang bekerja dengan data kuantitatif.

Menurut P.A Samuelson Dan T.C. Koopmans

Ekomometrika merupakan analisis kuantitatif dari fenomena-fenomena ekonomi yang sebenarnya “aktual” yang didasarkan pada pengembangan yang bersamaan antara teori dengan pengamatan yang dihubungkan dengan metode inferensi yang sesuai.

Menurut Arthur S. Goldberger

Ekonometrika merupakan sebagai ilmu sosial dimana alat-alat teori ekonomi, statistik dan matematika inferensi diterapkan untuk menganalisis fenomena-fenomena ekonomi.

Menurut Gerhard Tintner

Ekonometrika merupakan hasil dari suatu pandangan khusus atas peranan ilmu ekonomi yang terdiri atas penerapan statistik matematik atas data ekonomi untuk memberikan dukungan empiris terhadap model-model yang disusun dengan ilmu ekonomi matematis dan untuk memperoleh hasil dalam angka.

Menurut C.E.V Leser

Ekonometrika merupakan disiplin ilmu yang berusaha membuat hubungan kuantitatif diantara variable-variable ekonomi dengan bantuan metode statistik.

Menurut Michael D. Intriligator

Ekonometrika merupakan cabang ilmu ekonomi yang berkaitan dengan penaksiran “estimation” empiris dari hubungan-hubungan ekonomi.


Sumber: https://tokoherbacare.co.id/dead-plague-zombie-apk/