Pengertian Pemimpin Menurut Ahli Manajemen

 Pengertian Pemimpin Menurut Ahli Manajemen

 Pengertian Pemimpin Menurut Ahli Manajemen

Pengertian Pemimpin Menurut Ahli Manajemen

Pengertian Pemimpin| Apa itu Pemimpin?

Pengertian pemimpin | Setelah membahas tentang pengertian kepemimpinan, mari telusuri tentang pengertian pemimpin untuk lebih memahami tentang manajemen. Pengertian pemimpin telah banyak didefinisikan oleh para ahli manajemen seperti:

Pengertian pemimpin berdasarkan Paul Hersey dan K.H. Blanchard

pada tahun 1982 bahwa pemimpin adalah orang yang dapat memberikan pengaruhi terhadap aktivitas kerja individu ataupun kelompok dalam usaha pencapaian tujuan dalam situasi tertentu.

Kemudian, pengertian pemimpin yang lebih singkat oleh Martin J. Gannon

pada tahun yang sama bahwa pemimpin adalah seorang atasan yang memberikan pengaruh pada perilaku bawahan.
Selanjutnya pengertian pimpinan yang lebih membatasi tentang apa itu pemimpin oleh Kartini Kartono bahwa pemimpin adalah pribadi yang memiliki kecakapan khusus dengan atau tanpa pengangkatan resmi dapat memberikan pengaruh terhadap kelompok yang dipimpinnya, untuk melakukan usaha bersama mengarah pada pencapaian sasaran sasaran tertentu.
Berdasarkan tiga pengertian dan defnisi pemimpin diatas, dapat kita ambil beberapa syarat untuk menjadi pemimpin. Apa saja syarat untuk menjadi pemimpin ?

Syarat Pemimpin

Syarat pemimpin adalah ciri ciri yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Syarat syarat seseorang dikatakan pemimpin adalah:
a. Pemimpin haruslah memiliki kecakapan khusus
b. Pemimpin harus dapat memberikan atau memengaruhi orang lain ataupun kelompok
c. Pemimpin dapat melakukan usaha bersama

d. Pemimpin mengusahakan pencapaian tujuan bersama organisasi (visi misi organisasi).

Setelah syarat seseorang dapat dikatakan pemimpin kita telah ketahui, maka selanjutnya yang perlu adalah tugas seorang pemimpin.