Pengertian Swafoto: Contoh CPNS, Ketentuan, Syarat dan Cara

Afmar.Co.Id – Hello, What’s up masbro dan mbak bro. Kemaren ua sudah mengulas tentang bagaimana cara setting scope pubg agar tidak goyang. Kali ini ua akan mengulas artikel tentang pengertian swafoto. Yuk, mari jangan kelama-lama.an berbicara, karena para netizen indo tidak suka yang kelamaan. Cekidot …!!!

Apakah di tahun 2019 kemudian Bapak/Ibu mengekor seleksi penerimaan CPNS? Kira-kira, langkah apa yang menciptakan bingung Bapak/Ibu? Mengingat, pencatatan seleksi CPNS di tahun 2018 dan 2019 bertolak belakang dengan tahun-tahun sebelumnya.

pengertian swafoto

Misalnya, di tahun 2018 dan 2019, calon peserta seleksi mesti mengunggah swafoto di akun SSCN untuk lantas dijadikan kriteria mengisi eksemplar isian seleksi administrasi. Lalu, bagaimana peraturan dalam swafoto guna CPNS di tahun sebelumnya? Inilah selengkapnya!

Apa itu Swafoto?

Swafoto merupakan kegiatan memfoto diri sendiri memakai kamera, baik kamera digital maupun kamera ponsel atau Bapak/Ibu mengenalnya sebagai selfie.

Dengan semakin maraknya swafoto, BKN pun tak inginkan ketinggalan. Ternyata, pekerjaan ini pun dijadikan kriteria untuk meregistrasi CPNS di semua susunan sejak tahun 2018 lalu.

Berdasarkan keterangan dari pihak BKN, swafoto ini bermanfaat sebagai validasi guna menghindari praktik kecurangan saat pencatatan CPNS dan sekaligus menolong pelamar yang tak sempat dengan password akunnya.

Syarat Swafoto CPNS

Berdasarkan petunjuk pencatatan CPNS tahun 2019, sebelum melakukan potret Bapak/Ibu mesti mengerjakan registrasi akun dengan memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor KK (Kartu Keluarga), nama menyeluruh sesuai KTP, lokasi tanggal lahir cocok KTP, dan kode CAPTCHA.

Bila nomor KTP Bapak/Ibu tidak dapat digunakan guna mendaftar, silakan ditindaklanjuti ke Dinas Dukcapil, bukan BKN.

READ  The Best Smart Home Security Systems for 2021

Setelah selesai memenuhi identitas, Bapak/Ibu mesti mengunggah pas potret berlatar belakang warna merah, posisi portrait dengan rasio 3 : 4.

Registrasi akun ditetapkan selesai andai Bapak/Ibu sudah sukses mencetak kartu informasi akun/pendaftaran. Pasfoto berikut yang akan diperlihatkan di kartu ujian Bapak/Ibu. Contoh kartu informasi akun yang mesti dicetak dan dipakai saat swafoto ialah sebagai berikut:

Syarat Swafoto CPNS

Ketentuan Swafoto CPNS

Lalu, bagaimana teknik pengambilan gambar selfie untuk CPNS di tahun 2019?

Apabila Bapak/Ibu sudah sukses mencetak kartu informasi akun, maka sudah dapat melakukan pemungutan foto. Ketentuan swafoto CPNS ialah sebagai berikut:

  1. Baju swafoto CPNS adalahbaju bebas dan sopan. Namun, lebih baik andai berkerah.
  2. Latar belakang swafoto CPNS bebas.
  3. Saat berfoto, wajah dan identitas yang tertulis pada KTP dan kartu informasi akun mesti jelas, sehingga teknik memegangnya pun harus diperhatikan. Jangan hingga jari Bapak/Ibu malah menutupi potret dan identitas yang terdapat di KTP maupun kartu informasi akun. Selain teknik memegang, hal pencahayaan pun sangat penting. Sebaiknya, Bapak/Ibu memilih lokasi yang terang.

Tata teknik swafotonya ialah sebagai berikut:

  • Memegang KTP di sebelah kanan dan kartu informasi akun/pendaftaran di sebelah kiri. Jika KTP Bapak/Ibu belum jadi, silakan potret menggunakan Surat Keterangan yang dikeluarkan Dinas Dukcapil.
  • Posisi pemungutan gambar mesti landscape (posisi mendatar/melebar).
  • Pengambilan potret Bapak/Ibu sebetulnya tidak mutlak mesti diri sendiri. Jika merasakan kesulitan, Bapak/Ibu boleh meminta difotokan orang lain.

Cara Upload Swafoto CPNS

Sebelum mengunggahnya, Bapak/Ibu mesti login pulang ke akun SSCN yang sudah didaftarkan sebelumnya. Lalu, klik “Choose File” dan pilih swafoto yang telah disiapkan.

Ukuran potret yang mesti diunggah maksimal 200 kB dengan ekstensi .JPEG/JPG. Apabila potret Bapak/Ibu belum berekstensi .JPEG/JPG, kerjakan konversi terlebih dahulu, baik secara offline maupun online. Jika telah terunggah, Bapak/Ibu dapat melihat hasilnya di unsur “Swafoto Anda”.

READ  Rekomendasi Nick Name FF Keren 2021 yang Belum Dipakai

Adapun misal swafoto yang benar ialah sebagai berikut:

Cara Upload Swafoto CPNS

Gambar di atas mengindikasikan bahwa kartu informasi akun dapat dicetak ulang andai data yang dimasukkan masih terdapat yang salah. Oleh sebab itu, Bapak/Ibu mesti meyakinkan kebenaran data sebelum mengerjakan selfie.

Cara Mengatur Ukuran Swafoto

Seperti ulasan di atas bahwa ukuran maksimum yang dapat terunggah ialah 200 kB. Artinya, andai ukuran potret Bapak/Ibu lebih dari itu, maka mesti dikompres terlebih dahulu.

Pada pembahasan kali ini, Quipper Blog menggunakan software Pic Resize. Namun, Bapak/Ibu dapat menggunakan software lain yang dirasa lebih mudah. Bagaimana teknik mengatur ukuran swafoto CPNS menggunakan software Pic Resize?

  1. Buka software Pic Resize.
  2. Pilih Browse atau Drag and drop a file here or click.
  3.  Pilih potret yang hendak dikecilkan ukurannya.
  4. Lalu, klik CONTINUE TO EDIT PICTURE.
  5. Atur lebar potret bagian kiri dan kanan supaya terlihat lebih rapi, kemudian klik CROP SELECTION.
  6. Klik Save As, akan hadir ekstensi potret yang diperlukan. Silahkan pilih JPG.
    Klik, JPG Max File Size (Optional) dan isi cocok ukuran yang diinginkan, contohnya 200 kB.
  7. Langkah terakhir, klik I’M DONE, RESIZE MY PICTURE!

Sampai di sini, apakah Bapak/Ibu sudah mengetahui tentang swafoto guna CPNS?

Berdasarkan keterangan dari Kementerian PAN-RB, tahun 2021 ini akan diselenggarakan perekrutan pulang CPNS dan 1 juta guru PPPK/P3K. Apakah kriterianya sama dengan rekrutmen sebelumnya? Bagi tahu itu, usahakan Bapak/Ibu sabar menantikan pengumuman sah dari BKN selaku panitia seleksi CPNS.

Baca Juga : 17 Aplikasi Pembuat Efek Foto Bokeh Di Android

Contoh Swafoto

contoh swafoto

Baca Juga : Rekomendasi Nick Name FF Keren 2021 yang Belum Dipakai

5/5 - (1 vote)