Pengertian Tenaga Kerja Dan Angkatan Kerja

Pengertian Tenaga Kerja Dan Angkatan Kerja

Pengertian Tenaga Kerja – Tenaga kerja merupakan masyarakat yang berada didalam umur kerja. Secara garis besar masyarakat suatu negara dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu tenaga kerja dan bukan tenaga kerja. Penduduk tergolong tenaga kerja terkecuali masyarakat berikut telah memasuki umur kerja. Batas umur kerja yang berlaku di Indonesia adalah berumur 15 th. – 64 tahun. Bagaimana bersama masyarakat yang berumur kurang berasal dari 15 th. dan lebih berasal dari 64 tahun? Tentu saja mereka tidak juga kelompok tenaga kerja. Tenaga kerja merupakan tidak benar satu aspek mengolah yang perlu bagi tiap tiap negara. Tanpa ada tenaga kerja, aspek mengolah alam dan aspek mengolah modal tidak sanggup digunakan secara optimal. Tenaga kerja dibagi atas kelompok angkatan kerja dan bukan angkatan kerja.

Angkatan Kerja
Angkatan kerja adalah kelompok masyarakat didalam umur kerja yang bekerja atau sedang mencari pekerjaan. Angkatan kerja disebut juga bersama kelompok umur produktif. Tenaga kerja yang juga bukan angkatan kerja adalah masyarakat didalam umur kerja yang tidak bekerja, tidak membawa pekerjaan dan sedang tidak mencari pekerjaan, sekiranya pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, dan pensiunan.

Seseorang dikatakan bekerja terkecuali ia telah sukses isi lowongan pekerjaan yang tersedia. Lowongan pekerjaan yang sanggup diisi oleh pencari kerja untuk memperoleh pekerjaan disebut peluang kerja. Lowongan pekerjaan yang tersedia sanggup berasal dari lembaga pemerintah ataupun swasta.

Sumber : https://www.kumpulansurat.co.id/

Baca Juga :

Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi 

Narapidana Belajar Bisnis di Penjara Amerika