8 Penyakit Mata Pada Kucing dan Cara Mengobatinya

Penyakit Mata Pada Kucing – Penyakit yang terdapat di kucing kebanyakan bermacam macam. Dimulai dengan ekor sampai kepalam tetapi yang lebih memusingkan serta sangat prospektif ialah penyakit pada mata kucing. Tetapi tak boleh panik, kebanyakan penyakit pada mata kucing normalnya udah terdiagnosis serta dijumpai langkah penyembuhannya. Kacemudian buat sakit mata pada kucing dapat bermacam macam lantaran bisa diinfeksi oleh bakteri, virus, cacing mata, debu, alergi, atau tumor. Setelah itu buat mata kucing yang terserang tumor karena itu bisa dikerjakan pengangkatan bola mata yang dikerjakan pakarnya.

Penyakit Mata Pada Kucing

Setelah itu buat pemicu yang bukan tumor seperti bakteri, debu dan lain-lain karena itu Kamu dapat kerjakan penyembuhan sendiri ditambahkan himbauan dokter hewan. Kamu dapat kerjakan tatap muka pada dokter dulu buat mendiagnosa penyakit mata pada kucing Kamu hingga dokter akan berikan aksi yang cukup medis serta tepat.


Penyakit Mata Pada Kucing dan Cara Mengobatinya

Kita dapat mengira-ngira, mata ialah sisi yang cukup penting sebab tersangkut indra pandangan atau tersangkut sensitifitas kepada benda luar hingga cukup kerap terkena pada Kucing, hingga di sini akan dibicarakan 8 penyakit mata kucing serta langkah menanggulanginya, cekidot !


1. Konjungtivitis Atau Randang konjungtiva pada kucing

Penyakit yang berikut sebagai satu diantaranya penyakit mata yang membuat iritasi, kebanyakan disebabkan alergi dari serbuk sari, rumput, dan lain-lain, atau ada infeksi virus, bakteria atau jamur. Sisi mata persisnya sklera alami infeksi serta situasi ini dikatakan sebagai mata merah muda. Buat insiden ini cukup biasa ada pada kucing

Sinyal tanda yang terjadi pada kucing ialah mata kucing berair, lebam setelah itu kucing kebanyakan merakan keperihan pada matanya dan gatal. Setelah itu kalau penyakit ini menimbulkan munculnya bakteri, karena itu kebanyakan ada belek atau kotoran pada mata kucing. Buat penyembuhan yang direkomendasikan pada kucing ini ialah memanfaatkan obat tetes mata yang dapat memberantas kuman yang ada. Tetes mata dipakai waktu 2-3 jam sekali.

Setelah itu buat memberantas bakteri, karena itu Kamu butuh memanfaatkan antibiotik pada kelopak mata, tetapi buat alergi karena itu Kamu dapat memanfaatkan anti radang seperti hidrokortison. Buat penyakit ini ,dapat bikin ulkus kornea serta selesai pada kebutaan pada kucing. Penyakit ini dapat terserang kalau digaruk.


2. Painful eye

Sebagai penyakit kucing berbentuk mata alami berair teruk (excessive tearing), setelah itu mata tampak tutup seperti mengantuk serta bila sekitaran mata itu disentuh akan sakit serta menghindari kalau terserang sinar. Setelah itu perilaku kucing akan berganti lantaran bisa jadi akan mencakar mata atau menggosok mata. Untuk sisi dalam pojok mata, sisi itu akan tercipta kelopak tambahan yang disapa kelopak ketiga atau nictating membrane. Pemicu dari penyakit ini ialah kecederaan pada kornea seperti glaucoma serta uveitis.


3. Cacing Mata Pada Kucing

Penyakit yang berikut ialah cacing pada kucing, tetapi bukan yang ada pada sisi perut tetapi ini pada sisi mata ialah Thelazia californiensis atau dapat dikatakan Thelaziasis. Penyakit ini dapat pula menyerbu anjing, domba, kambing atau sapi. Sinyal tanda di saat kucing terkena soal ini ialah matanya keluarkan air, sisi duktus lakrimalis akan tampak cacing berwarna putih serta akan peka pada sinar. Penyakit ini bisa mengalami perkembangan jadi konjungtivitis.

Perubahan pada cacing ini diawali di saat larva dari cacing thelazia menempati mata kucing. Setelah itu larva ini dikonsumsi oleh lalat yang bikin mata kucing bertambah kritis. Karenanya dimakannya oleh lalat makan larva itu jadi berkembang dalam saat 30 hari. Setelah itu seharusnya anda pun betul-betul harus perhatikan kucing Kamu supaya tak ada lalat yang dapat menyerbu mata kucing. Buat penyembuhan cacing mata ini ialah memanfaatkan antelmintika dengan suntikan ivermectin dengan jumlah 0,2 mg/kg bobot badan waktu dua minggu sekali.


4. Penyakit Mata Kucing sebab Feline Herpesvirus

Penyakit yang ke demikian ini ialah Feline herpesvirus (FHV-1). FHV-1 ini kebanyakan mengontaminasi kucing yang muda serta akan lenyap setelah itu muncunl kembali di saat kucing ketekan kekuatannya. Ke-2 mata punya penglihatan yang cukup jernih serta mengagumkan. Setelah itu dalam semuanya kejadian, anak kucing ini punya pernapasan seperti pilek setelah itu ulkus oral. Buat ucing dewasa kebanyakan menyerbu satu mata serta tak ada menyerbu sisi pernapasan. Buat penyembuhannya, Kamu dapat memanfaatkan salep antibiotik buat menghindari bakteri. Apabila tak ada sinyal tanda menyusut, makan dapat memanfaatkan obat antivirus. FHV-1 ini ialah yang amat banyak menyerbu ulkus kornea pada kucing. Tiap kucing dengan ulkus kornea harus dikontrol serta diduga ada infeksi FHV-1 serta obat antivirus harus lekas dipraktekkan.

Kalau diindikasi, karena itu peluang ada infeksi bakteri sekunder. Hingga Kamu butuh berikan antibiotik supaya membuah bakteri itu. Buat Ulkus mata ini cukup sangatlah perih hingga kucing yang terserang FHV-1 ini kebanyakan dikasihkan obat peredam berbentuk peredam ngilu lewat oral atau dapat disuntik. Diluar itu, Kamu dapat pula memanfaatkan salep atopi dalam membentangkan mata serta kurangi terasa sakit.

Buat penyembuhannya Kamu dapat juga memanfaatkan Idoxuridine, ialah agen antivirus yang kebanyakan dipakai buat kucing. Diluar itu, L-lisin sebagai asam amino yang kebanyakan dijumpai buat mengacau simulasi FHV-1 ini. L-lisini ini dapat dikasihkan secara oral serta pemakaiannya dalam paduan dengan idoxuridine selaku opsi pertama terapis. Setelah itu apabila paduan ini masih kurang efisien, dapat memanfaatkan obat yang lain yang direkomendasi dokter hewan atau pakar.


5. Nasolacrimal Occlusion

Penyakit ini disebabkan penyumbatan struktur pengeringan air mata pada kucing yang kebanyakan air mata ini dikeluarkan lewat struktur sekresi yang dapat difungsikan menjadi lagi pelumas pada mata kucing tetapi tidka berjalan dengan normal. Hingga dengan hal tersebut, bikin air mata kucing keluar dengan tak lumrah serta kelopak mata yang sakit atau cacat anatomi ini dapat bikin jaringan mata kucing jadi terhalang. Buat kucing yang menderita penyakit ini dapat diobati dengan berikan tetes obat mata sekitar 3x satu hari.


6. Mata kecil samping

Buat penyakit ini dapat dilihar secara fisik dengan mata kucing yang asimetris atau kecil samping. Penyakit ini disebabkan jangkitan bakteri Chlamydia. Setelah itu kalau penyakit ini didiamkan karena itu dapat berjangkit pada ke-2 irislah mata serta dapat menyembul keluar. Buat penyembuhannya dapat dikerjakan pemberian 3 type obat seperti eye drops, antibiotik serta obat lebam (Tolfedine 6mg), kasih selamat tiga hari. Setelah itu kasih air minum yang cukup untuk sang kucing.


7. Mata muncul keluar dengan celung

Mata kucing akan tampak muncul keluar sebab di dalamnya terjadi glukoma di dalamnya, tumor setelah itu abses/penyumbatan pada belakang mata. Setelah itu mata ini condong celung yang disebabkan dehidrasi, sakit mata, serta menyebabkan akan kehilangan bobot badan. Penyembuhannya, dapat dikasihkan air minum yang cukup.


8. Tumor pada mata

Buat tumor pada mata kucing, kebanyakan dikerjakan penyembuhan berbentuk pengangkatan atau operasi. Tetapi ongkos dalam operasi tumor itu sangatlah mahal hingga harus dijumpai langkah yang ekonomis tetapi mempunyai daya efektif. Selanjutnya, kulit manggis ialah jawabnya. Tumor kucing dapat dikarenakan dari induk kucing yang sudah memakai tikus yang terkena kuman, setelah itu air susu ibunya mengucur ke anak kucing serta terkenalah. Buat tumor kebanyakan tak lenyap, tetapi akan bertambah menjadi membesar.

Buat penyembuhannya, Kamu dapat memanfaatkan kulit manggis dengan pisahkan kulitnya dari buah setelah itu pisahkan kembali kulit dalam serta kulit luarnya. Setelah itu, kulit dalamnya dapat dijemur dalam sebuah hingga 2 hari serta dikeringkan secara lembut jadi serbuk. Kalau tidak pengin ribet, Kamu dapat beli kulit manggis yang berupa kapsul di tko obat paling dekat. Setelah itu serbuk kulit manggis di campurkan di dalam makanannya tetapi tak boleh umumnya serta sangat sedikit. Melakukan dengan terus menerus serta akan menyusut.

Selanjutnya, sekianlah penjelasan dalam 8 penyakit mata kucing serta langkah menanggulanginya yang dapat saja akan Kamu dapatkan dalam kucing kesukaan Kamu, agar semakin lebih tentunya Kamu dapat bawa sang kucing pada dokter hewan serta akan dikaji dan dikasih aksi pengobatan, tetapi lebih bagus Kamu kerjakan pengawalan dibanding penyembuhan lewat cara mengawasi kebersihan mata kucing atau lingkungan kucing. Mudah-mudahan berguna serta mudah-mudahan kucing Kamu sehat-sehat , terima kasih.


Baca Juga :