Profesi Bidang IT

Profesi Bidang IT

Profesi Bidang IT

Profesi Bidang IT

Bicara tentang dunia teknologi yang semakin berkembang pesat, pasti profesi di bidang IT juga semakin banyak. Profesi tersebut mempunyai job description masing-masing. 
 
Posisi / Jabatan dalam Dunia IT yang dikutip dari Indonesia Salary Guide 2006 dan berbagai sumber, antara lain : System Analyst, Analyst Programmer, ERP (enterprise resource planning) Consultant, Systems Programmer / Software Engineer, Web Designer, Systems Engineer, Tester, Database Administrator, Manager, IT Manager, Project Manager, Account Manager, Helpdesk Analyst, IT Executive, IT Administrator, Network Administrator, Security Network Analyst, Network Support Engineer, Business Development, dan masih banyak lagi. 
 
Berikut adalah penjelasan job description masing-masing posisi.
 
1.IT Support Officer
 
    Job Description : 
  • menerima, memprioritaskan dan menyelesaikan permintaan bantuan IT.
  • membeli hardware IT, software dan hal-hal lain yang berhubungan dengan    hal tersebut.
  • instalasi, perawatan dan penyediaan dukungan harian baik untuk hardware   & software Windows & Macintosh, peralatan termasuk printer, scanner,   hard-drives external, dll.
  • korespondensi dengan penyedia jasa eksternal termasuk Internet Service Provider, penyedia jasa Email, hardware, dan software supplier, dll.
  • mengatur penawaran harga barang dan tanda terima dengan supplier untuk kebutuhan yang berhubungan dengan IT.
  • menyediakan data / informasi yang dibutuhkan untuk pembuatan laporan department regular.
2. Network Engineer
 
    Job Description :
 
 melaksanakan komunikasi dan analisa sistem networking, mendesain     perencanaan untuk integrasi, mendukung jaringan pada internet, intranet dan ekstranet, serta menganalisa dan ikut mengambil bagian dalam pengembangan standardisasi keamanan dan implementasi mengendalikan untuk keamanan LAN dan WAN. Sedangkan untuk tugas dan tanggung jawabnya adalah maintenance LAN dan koneksi internet, maintenancehardware, maintenance database dan file, help desk, dan inventory.
 
3. Network Administrator
    Job Description : 
 
  mengurusi, mengoperasi, maintain, dan perawatan jaringan LAN maupun   WAN, manajemen sistem serta dukungan terhadap perangkat kerasnya, mengarsipkan data, serta maintain dan perawatan komputer.
 
4. IT Programmer
 
     Job Description :
 
    Tanggung jawabnya adalah mengambil bagian dalam pengembangan dan integrasi perangkat lunak, mengembangkan secara aktif kemampuan dalam pengembangan perangkat lunak, menerima permintaan user untuk masalah-masalah yang harus diselesaikan, menyediakan dukungan dan penyelesaian masalah konsumen baik untuk konsumen internal maupun eksternal, bertanggung jawab atas kepuasan terkini pelanggan, melakukan tugas-tugas yang berkaitan dan tanggung jawab yang diminta, , mengerjakan macam-macam tugas terkait seperti yang diberikan, dan membentuk kekompakan maksimum dalam perusahaan bersama dengan rekan-rekan dalam perusahaan.