Rutin Berenang Dapat Kurangi Gejala Kecemasan dan Depresi, Benarkah?

Rutin Berenang Dapat Kurangi Gejala Kecemasan dan Depresi, Benarkah? – Mental Health Foundation menuliskan penyakit kesehatan mental dapat memprovokasi jutaan orang di Inggris, dimana seperlima orang dewasa menunjukkan fenomena kecemasan atau depresi. Untuk menanggulangi hal itu, dapat dilakukan dengan tidak sedikit cara, mulai berkonsultasi, mengonsumsi obat sampai menjalani diet.

Namun, berenang secara tertata terbukti dapat menolong mengurangi kegelisahan dan depresi. Berdasarkan jejak pendapat YouGov, sejumlah 1,4 juta orang dewasa di Inggris telah mengejar bahwa berenang mempunyai efek positif pada kegelisahan atau depresi mereka.

Hampir separuh juta orang dewasa Inggris yang berenang dan mempunyai masalah kesehatan mental mengaku bahwa berenang secara teratur menolong mengurangi mendatangi tenaga medis untuk membicarakan kesehatan mental mereka.

Sekitar 3,3 juta orang Inggris berusia di atas 16 tahun yang mempunyai masalah kesehatan mental berenang minimal sekali masing-masing dua hingga tiga minggu.

Saat ditanya bagaimana berenang mempengaruhi situasi mental mereka, 43% perenang mengaku bahwa berenang menciptakan mereka merasa lebih bahagia, 26% mengatakan menciptakan mereka merasa lebih termotivasi dan 15% menuliskan bahwa berenang menciptakan mereka lebih gampang untuk menanggulangi kehidupan sehari-hari.

“Kita seluruh tahu bahwa melakukan kegiatan fisik laksana berenang tersebut baik guna tubuh kita. Tetapi kesehatan jasmani dan mental kami berhubungan erat dan kami tahu dari program Get Set to Go kami sendiri bahwa menjadi aktif secara jasmani juga dapat paling bermanfaat untuk kesehatan mental kami. Jika kita lebih aktif pada umur tua, terdapat kecenderungan ke arah tingkat depresi yang lebih rendah,” kata Harley Jarvis selaku head of physical activity for mental health charity mind.

Ian Cumming selaku chair of the swimming and health commission menyatakan bagaimana berenang dapat menjadi pekerjaan yang menyenangkan. Menurutnya kegiatan fisik dalam format apa pun bisa memiliki akibat positif pada kesehatan mental seseorang. “Tetapi berenang tersebut unik sebab daya apung air meyakinkan seluruh orang dapat memungut bagian dengan kecepatan yang cocok dengan mereka,” jelas Ian seperti dikutip Independent.

“Ini paling bagus guna orang-orang dengan gerakan terbatas. Penelitian mengindikasikan bahwa melulu berada di air bisa memulihkan, khususnya berenang di luar,” tambahnya.

Baca Juga: