T-PERPUS dan Upaya Meningkatkan Literasi Baik Di Era Generasi Milenial

T-PERPUS dan Upaya Meningkatkan Literasi Baik Di Era Generasi Milenial – Telkomsel bersinergi bareng Gramedia Digital Nusantara (GDN) menyerahkan solusi digital dengan menghadirkan ‘Telkomsel Digital Library’ atau T-PERPUS.

Terkait urusan itu, Direktur Human Capital Management Telkomsel Irfan A Tachrir, Senior Vice President Corporate Secretary Telkomsel Muharam Perbawamukti, Managing Director Gramedia Digital Nusantara (GDN) Kelvin Wijaya, dan Chief Operating Officer GDN Adi Ekatama mengemban penandatanganan kerjasama di Jakarta, (20/8/2018).

T-PERPUS diinginkan menjadi terobosan untuk menambah literasi di Indonesia. Minat baca masyarakat Indonesia termasuk rendah sampai-sampai menyebabkan keterampilan membaca, berhitung dan pengetahuan ilmiah anak-anak Indonesia masih di bawah negara-negara tetangga laksana Singapura, Malaysia dan Thailand.

1. Menyesuaikan gaya hidup digital

General Manager Corporate Social Responsibility Tubagus Husniyullah mengatakan, “T-PERPUS adalahsebuah format kolaborasi Telkomsel dengan GDN untuk edukasi Indonesia, yang dihadirkan untuk menyokong program pemerintah dalam menambah kualitas edukasi dan sumber daya manusia.”

Tubagus menambahkan, software digital T-PERPUS bisa mudah dipakai dengan menyesuaikan gaya hidup digital masa kini, sehingga diinginkan dapat menambah minat baca anak muda Indonesia.

Hal senada dikatakan Chief Operating Officer Gramedia Digital Nusantara Adi Ekatama. “Suatu kehormatan untuk kami dapat membantu Telkomsel dalam mempersiapkan software T-PERPUS. Harapan kami tentunya supaya aplikasi ini dapat memberi manfaat untuk banyak orang,” ujar Adi.

Kolaborasi GDN dengan Telkomsel ini dapat menjadi mula dari kolaborasi selanjutnya yang destinasi utamanya menjadi akselerator dari peradaban Indonesia, tambah Adi.

2. CSR akses 5.000 pemakai gratis

T-PERPUS ialah platform software perpustakaan digital yang mempermudah masyarakat terutama komunitas di sekolah dalam mengakases informasi, mendorong minat baca, menambah kompetensi dan bobot dalam bidang pendidikan.

Aplikasi ini menyediakan sekian banyak  macam kelompok buku, majalah maupun koran dan dapat dipakai pada platform IOS atau Android kapanpun dan dimanapun. Saat ini T-PERPUS mempunyai 69 kelompok untuk 30.000 jumlah konten buku.

Telkomsel pun memberikan 5.000 akses pemakaian tanpa biaya. Akses ini bakal dibagikan sejumlah wilayah di Indonesia. Di tahap mula Telkomsel menyerahkan 1.000 akses pemakai di universitas atau perguruan tinggi di Jawa Barat Secara periodikal program T-PERPUS bakal rilis di daerah-daerah selanjutnya.

3. Generasi milenial

Direktur Human Capital Management Telkomsel Irfan A Tachrir mengucapkan pelayanan segmen milenial ketika ini berbasis pada data.

“Akses informasi berbasis data sekarang telah menjangkau nyaris seluruh Indonesia. Bisa disebutkan untuk cakupan Telkomsel sudah memiliki cakupan yang luas. Tinggal sekarang bagaimana meluangkan konten-konten berkualitas. Inilah kenapa lantas kami berkolaborasi dengan GDN dalam meluangkan konten berkualitas,” jelas Irfan.

Irfan menambahkan, ketika ini dengan derasnya arus informasi tantangan ketika ini ialah bagaimana menambah literasi internet baik guna melawan konten-konten negatif dan pun hoax.

“Dengan meluangkan literasi internet baik ini, anda telah menolong pemerintah mencerdaskan anak bangsa dengan menyimak bacaan-bacaan bermutu,” kata Irfan.

Dengan mempunyai bacaan bermutu diinginkan generasi milenial bakal mempunyai wawasan lebih luas. “Dengan mempunyai wawasan lebih luas, generasi milenial bakal lebih tinggi berimajinasi dan khayalan akan menyerahkan keberanian guna mewujudkan mimpi-mimpi besar mereka,” tutup Irfan. Baca: sekolahan.co.id