TANAMAN HIAS BUNGA KERTAS

TANAMAN HIAS BUNGA KERTAS

Pengertian

Bougenville (Latin: Bougainvillea spectabilis) atau sering disebut Bunga Kertas merupakan bunga dalam family Nyctaginaceae. Bunga Bougenville disebut bunga kertas sebab bunga tersebut tipis tampak seperti kertas. Tanaman hias bunga ini tumbuh subur karena cara menanam bunga kertas cukup mudah dan merawatnya pun tidak sulit.

  1. Cara Budidaya

Bougenville biasanya diperbanyak dengan stek dan cangkokan, yang tidak rumit dan jarang gagal. Asal tanah pembibitan untuk stek (atau tanah yang dibalutkan ke batang cangkokan) dipilih yang cukup mengandung pasir (atau yang gembur). Syarat lain yang perlu diperhatikan adalah tanah jangan sampai terlalu basah.

Kalau yang diinginkan itu tanaman yang bisa beraneka ragam warna bunganya, perbanyakan biasanya dilakukan dengan okulasi. Asal dilakukan dengan hati-hati supaya resiko gagal bisa dikurangi. Agar okulasi tidak kekeringan, sebaiknya dibuatkan tudung yang ditempelkan di atas okulasi.

Para pemulia tanaman lebih sering memperbanyak bougenville dengan biji hasil persilangan. Umumnya mereka melakukan eksperimen persilangan untuk mendapat hibrida bougenville yang unik. Cara ini jelas cukup rumit dan memerlukan ketelitian dan kesabaran. Tapi persilangan itu prinsipnya sama saja dengan yang biasa kita lakukan terhadap tanaman lain.

Benang sari bougenville A kita jatuhkan dengan hati-hati ke putik bougenville B. Lalu hasil penyerbukan ini kita kerudungi dengan kantong kertas. Biji yang kemudian terbentuk disemaikan. Dari sini akan tumbuh bougenville yang berwarna-warni dalam satu kesatuan daun penumpu bunga.

  1. Cara Perawatan

1)      Sinar Matahari

Cahaya matahari cukup dibutuhkan untuk Bougenville supaya bisa tumbuh maksimal. Untuk memperoleh cukup sinar matahari, sesekali tempatkan bonsai bugenvil keluar ruangan.

2)      Tanah

Tentukan type tanah yang mempunyai drainase yang baik. Tanah yang mudah serta berpori bakal lebih gampang melalukan air bila Anda menanam Bougenville di dalam pot. Beragam bahan organik dapat juga ditambahkan untuk merangsang perkembangan bunga supaya tambah baik.

3)      Penyiraman

Bougenville di kenal sebagai tanaman yang tidak terlampau memerlukan banyak air. Tanaman ini lebih sukai tanah yang condong kering dari pada lembab. Tanah yang senantiasa lembab malah membikin akar Bougenville gampang berjamur serta jadi busuk. Cukup siram bonsai bugenvil Anda setiap sekian hari sekali waktu tanah dalam pot telah betul-betul kering.

4)      Nutrisi

Bougenville membutuhkan beragam nutrisi supaya bisa tumbuh maksimal. Berikanlah pupuk rendah nitrogen untuk meyakinkan kecukupan gizi tanaman bonsai Anda. Pemupukan dapat dikerjakan 2-3 kali dalam satu tahun.

Baca juga: