TANAMAN HIAS KAKTUS

TANAMAN HIAS KAKTUS

Pengertian

Kaktus adalah nama yang diberikan untuk anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae. Kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air, Kaktus biasa ditemukan di daerah-daerah yang kering (gurun). Kata jamak untuk kaktus adalah kakti. Kaktus memiliki akar yang panjang untuk mencari air dan memperlebar penyerapan air dalam tanah. Air yang diserap kaktus disimpan dalam ruang di batangnya. Kaktus juga memiliki daun yang berubah bentuk menjadi duri sehingga dapat mengurangi penguapan air lewat daun. Oleh sebab itu, kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air.  (Wikipedia)

  1. Cara Budidaya
  2. Persiapan Awal Sebelum Penanaman

Petani kaktus juga harus memperhatikan teknik budidaya yang harus diaplikasikan disini, mulai dari cara penanaman, cara perawatan, hingga cara untuk memelihara tanaman kaktus tersebut agar bisa tumbuh dengan baik dan cepat. Biji yang rencananya akan ditanam harus direndam dengan air hangat terlebih dahulu dan dikeringkan, kemudian baru bisa anda semai atau sebarkan ke media yang akan digunakan untuk menanam.

  1. Pemilihan Bibit Unggul.

Meski termasuk tanaman yang mampu beradaptasi, bibit kaktus yang dibeli di nursery pun sebaiknya tidak langsung dipajang diruangan. Ada baiknya bila tanaman baru itu dikondisikan di rumah. Caranya, tanaman diletakkan ditempat yang teduh, intensitas cahaya matahari sedang, kelembapan udara yang cukup, dan sirkulasi udara baik. Penyiraman dapat dilakukan seminggu sekali, atau dengan melihat kekringan dari medianya. Setelah seminggu, barulah kaktus diletakkan di dalam ruangan, baik diatas meja tamu, meja kerja, atau dipojok ruangan.

Perlakuan bibit hasil perbanyakan sendiri baik semai atau setek harus mendapat perawatan ekstra agar tumbuh normal. Umumnya bibit ini ditanam di nampan atau pot ceper. Bibit ini dibesarkan terlebih dahulu hingga dewasa.

Bibit asal semai biasanya disebar secara merata dipermukaan media sehingga ketika sudah tumbuh jarak tanamnya tidak beraturan. Hal ini tentu saja mempengaruhi pertumbuhannya. Bibit yang tumbuh berdesak-desakan sebaiknya dipindahkan ke wadah lain sehingga jarak tanaman tidak terlampau rapat. Hal ini bertujuan untuk memberikan ruang gerak tumbuh.

Lain halnya bibit asal setek jarak tanamnya telah diatur, misal 1 cm x 2 cm. Bibit ini dibesarkan hingga siap dipindahkan ke pot lain. Pembesaran secara soliter dipot merupakan salah satu alternatif yang baik. Selain penampilan dapat menunjang keindahan, penanaman di pot juga cukup memudahkan dalam perawatannya.

Kaktus dari persemaian sebaiknya tidak sekaligus dipindahkan ke pot yang lebih besar. Pemindahan harus bertahap, dari ukuran kecil, sedang, dan besar. Hal itu dikarenakan pertumbuhan kaktus lamban. Itu pun tergantung jenisnya. Ada jenis kaktus yang tumbuh lamban sehingga tidak memerlukan pemindahan pot dalam jangka waktu lebih 2 tahun. Contohnya kaktus dari genus Chephalocereus dan Echinocactus. Lain hanya genus Opuntia yang cepat pertumbuhannya dan memerlukan pergantian pot setiap tahun.

Sumber: https://www.gurupendidikan.co.id/usaha-barbershop/