Teori Teori Belajar dari Psikologi Humanistis

  1. Teori Teori Belajar dari Psikologi Humanistis

Perhatian teori humanistik yang terutama tertuju pada masalah bagaimana tiap tiap individu di pengaruhi dan di bimbing oleh maksud maksudpribadi yang mereka hubungkan kepada pengalaman mereka sendiri.menurut para pendidik aliran humanistis penyusunan dan penyajian materi pelajaran harus sesuai dengan dengan persan dan perhatian siswa.

Tujuan utama para pendidik ialah membantu siswa mengembangkan dirinya,yaitu membantu masing masing individu untuk mengenal diri mereka sendiri sebagai manusia yang unik dan membantunya dalam mewujudkanpotensi potensi yang ada pada diri meraka

  1. Teori Teori Belajar dari Psikologi Sibernetik

Teori ini beanggapan bahwa tidak ada satupun teori yang ideal untuk segala situasi dan cocok untuk karekter setiap siswa. Oleh karena itu titik tekan dari teori ini adalah bagaimana memahami ciri – ciri dari karakter sistem informasi (bahan atau masalah yang akan dipelajari).tujuan dari pemahaman terhadap ciri – ciri informasi ini adalah agar proses belajar sesuai dengan materi yang akan disampaikan

  1. MANFAAT TEORI  DALAM  PSIKOLOGI  PEMBELAJARAN
    1. Bahasa dan cara berfikir anak berbeda dengan orang dewasa. Oleh karena itu guru mengajar dengan menggunakan bahasa yang sesuai dengan cara berfikir anak.
    2. Anak-anak akan belajar lebih baik apabila dapat menghadapi lingkungan dengan baik. Guru harus membantu anak agar dapat berinteraksi dengan lingkungan sebaik-baiknya.
    3. Bahan yang harus dipelajari anak hendaknya dirasakan baru tetapi tidak asing.
    4. Berikan peluang agar anak belajar sesuai tahap perkembangannya.
    5. Di dalam kelas, anak-anak hendaknya diberi peluang untuk saling berbicara dan diskusi dengan teman-temanya